KOTA SUKABUMI SUDAH DINILAI OLEH TIM VERIFIKASI KOTA SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi sudah dinilai oleh Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017, tepatnya tanggal 12 Oktober 2017. Sedangkan kedatangan Tim Verifikasi Kota Sehat tersebut, disambut sekaligus diterima secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., bertempat di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Ketua Forum Kota Sehat Sukabumi, Drs. H. Sulaeman Muchtar, S.H., M.M. beserta jajarannya, dan para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi menjelaskan, Kota Sukabumi sudah 2 kali berturut-turut mendapat penghargaan Kota Sehat Level III, yakni Swasti Saba Wistara Tingkat Nasional, dengan mengajukan 6 tatanan, tepatnya pada tahun 2015 dan tahun 2016. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi, dari Pemerintah Pusat kepada Kota Sehat di Indonesia. Dijelaskan pula, ada 8 indikator pokok yang berhasil dipenuhi oleh Kota Makassar Propinsi Sulsel (Sulawesi Selatan), sehingga diberi status dan predikat Kota Sehat oleh Pemerintah Pusat. Adapun ke 8 indikator pokok tersebut, yakni Wajib Belajar 9 Tahun, Angka Melek Huruf yang meningkat, Pendapatan Perkapita Domestik yang meningkat, Angka Kematian Bayi per 1000 kelahiran hidup yang menurun, Angka Kematian Balita per 1000 kelahiran hidup yang menurun, Angka Kematian Ibu Melahirkan per 100.000 kelahiran hidup yang menurun, Adanya RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), serta Program Dana Sehat dan Jaminan Sosial Nasional bagi masyarakat miskin.

Walikota Sukabumi mengatakan, dengan sudah adanya RTRW, pada penilaian Kota Sehat Tahun 2017 ini, Kota Sukabumi mengajukan 7 tatanan, serta diharapkan dapat mempertahankan predikat Kota Sehat Level III, yakni Swasti Saba Wistara Tingkat Nasional. Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi beserta OPD dan Lembaga terkait, senantiasa berupaya optimal meningkatkan berbagai tatanan dan kawasan kota sehat. Antara lain kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran yang sehat, kawasan pariwisata sehat, kehidupan warga masyarakat sehat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan sosial yang sehat.