SEKRETARIS DAERAH KOTA SUKABUMI MEMBERI BANTUAN SEKALIGUS MENINJAU RUTILAHU MILIK IBU JUJU

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, didampingi Lurah Subangjaya, Fery Munggaran, S.STP., M.AP., memberi bantuan sekaligus meninjau Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) milik Ibu Juju, berusia 50 tahun, warga RT 03 RW 01, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 13 Oktober 2017 baru-baru ini.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menjelaskan, setelah dilakukan peninjauan, bahwa rumah milik Ibu Juju yang berukuran 6 meter x 4 meter ini, sudah sangat memprihatinkan, serta sudah tidak layak huni, karena kondisi bangunannya terutama dinding dan kusennya banyak yang sudah lapuk dan atapnya banyak yang bolong.

Berkaitan dengan hal tersebut, rumah milik Ibu Juju ini akan prioritaskan untuk segera dibangun, sebab sudah masuk dalam daftar tunggu program pembangunan Rutilahu yang diprogramkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, serta diharapkan bisa dibangun pada akhir tahun 2017 ini atau pada awal tahun 2018 mendatang.

Adapun untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pembangunan rumah milik Ibu Juju ini, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi beserta unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait serta Pemerintah Kecamatan Cikole dan Kelurahan Subangjaya, akan senantiasa melakukan pengawalan, hingga pembangunan  rumah milik Ibu Juju ini benar-benar terealisasi.

Sedangkan untuk perbaikan sementara, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi memberi bantuan alakadarnya kepada Ibu Juju. Karena rumah milik Ibu Juju ini, hanya membutuhkan sedikit perbaikan, untuk bisa bertahan sampai dengan program Rutilahu dilaksanakan. Diharapkannya, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Ibu Juju beserta keluarganya, untuk memperbaiki sementara rumahnya, hingga program Rutilahu dilaksanakan.

Dalam pada itu, Ibu Juju mengucap syukur dan terima kasih kepada Sekretaris Daerah Kota Sukabumi dan Lurah Subangjaya, yang sudah berkenan melakukan peninjauan terhadap kondisi rumah miliknya, sekaligus memberi bantuan untuk memperbaiki sementara rumahnya sampai dengan program Rutilahu dilaksanakan. Dikatakannya, dirinya beserta keluarganya tidak bisa membangun kembali rumahnya, karena tidak memiliki biayanya. Selain itu, Ibu Juju mengharapkan, agar rumah miliknya ini dapat segera dibangun kembali melalui program Rutilahu.