SETIAP BIDAN YANG AKAN MENJALANKAN PRAKTIK KEPROFESIANNYA HARUS MEMILIKI IZIN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menandaskan, setiap Bidan yang akan menjalankan praktik keprofesiannya harus memiliki izin, sesuai dengan ketentuan peraturan dan per-undang-undangan yang berlaku. Penandasan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan pada acara HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 66 IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Cabang Kota Sukabumi, sekaligus membuka secara resmi Raker (Rapat Kerja) Pengurus IBI Cabang Kota Sukabumi Tahun 2017, serta Seminar dan Sosialisasi Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) RI Nomor  28 Tahun 2017 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan, tepatnya tanggal 14 Oktober 2017, di Aula YAPKESBI (Yayasan Pendidikan Kesehatan Bakti Indonesia) Kota Sukabumi, dengan mengambil tema, Mengawal Kesehatan Keluarga dengan Layanan Holistik dan Berkesinambungan.

Dijelaskannya, Bidan merupakan salah satu dari jenis Tenaga  Kesehatan, yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pelayanan asuhan kebidanan, sesuai dengan bidang keakhlian yang dimiliki. Dijelaskan pula, Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan, sesuai dengan ketentuan peraturan dan per-undang-undangan yang berlaku, serta harus memiliki STRB (Surat Tanda Registrasi Bidan), sebagai salah satu bukti tertulis yang diberikan oleh Pemerintah kepada Bidan yang telah memiliki  sertifikat kompetensi.

Sedangkan praktik Kebidanan, adalah kegiatan pemberian  pelayanan yang dilakukan oleh Bidan, dalam bentuk asuhan kebidanan. Adapun SIPB (Surat Izin Praktik Bidan), merupakan salah satu bukti tertulis yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota kepada Bidan, sebagai pemberian kewenangan untuk menjalankan praktik kebidanan. Sementara Praktik Mandiri Bidan, adalah tempat pelaksanaan rangkaian kegiatan pelayanan kebidanan, yang dilakukan oleh Bidan secara per-orangan.

Pada bagian lain sambutannya, Wakil Walikota Sukabumi mengucapkan selamat HUT Ke 66 IBI Cabang Kota Sukabumi dan melakanakan Raker Pengurus IBI Cabang Kota Sukabumi Tahun 2017, serta Seminar dan Sosialisasi Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) RI Nomor  28 Tahun 2017 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan. Diharapkannya, melalui kegiatan tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan dan  keprofesian para Bidan, khususnya yang tergabung dalam IBI Cabang Kota Sukabumi, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan kebidanan kepada warga masyarakat.