RENCANA APBD KOTA SUKABUMI TAHUN ANGGARAN 2018 UNTUK MENCAPAI TARGET-TARGET DALAM RPJMD

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebagaimana ditandaskan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., rencana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2018, dirancang dan diupayakan untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018. Namun demikian, upaya pencapaian target-target tersebut bukan tanpa kendala dan permasalahan. Seperti pola transfer keuangan dari pusat ke daerah masih menjadi elemen penting, untuk menunjang kapasitas keuangan daerah, sehingga ketergantungan anggaran pemerintah daerah terhadap dana perimbangan atau dana transfer dari pemerintah pusat masih dominan dan cukup tinggi.

Ditandaskan pula, perubahan pada aspek pengelolaan keuangan daerah yang diatur dalam paket undang-undang, pada dasarnya bertumpu pada upaya untuk meningkatkan dan mengedepankan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, yang secara keseluruhan diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti yang diharapkan dan disarankan oleh seluruh Fraksi DPRD Kota Sukabumi, dalam pembahasan Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Tentang APBD Tahun Anggaran 2018. Kendati demikian, dalam mengakomodasi aspirasi masyarakat ke dalam struktur APBD, harus tetap memperhatikan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, khususnya yang menyangkut aspek teknis dan yuridis, sehingga dalam pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan dari segi hukum dan administrasi serta program dan kegiatannya.

Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi di dalam menyusun berbagai kebijakan, senantiasa diarahkan supaya dapat menciptakan sinergitas dan sinkronisasi pembangunan yang dinamis antara pusat dan daerah, serta diharapkan dapat membangun tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kredibilitas pemerintah, sekaligus menjadi instrumen untuk mengajak masyarakat dalam mendukung pemerintah secara rasional, obyektif dan adil. Selain itu juga ditandaskan, rencana APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2018, telah menyiapkan dukungan bagi proses pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2018 mendatang. Diharapkannya, penyediaan anggaran tersebut, dapat menciptakan suasana kondusif, khususnya dalam mendukung tahapan pelaksanaan Pilkada secara serentak pada tahun 2018 mendatang.