KEPALA DISKOMINFO KOTA SUKABUMI MENJADI NARA SUMBER FGD SMART CITY

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. H. Sukarman, M.Pd., didampingi Kepala Bidang Infrastruktur TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi), Persandian dan Integrasi Data Diskominfo Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T., menjadi nara sumber FGD (Focus Group Discussion) Smart City, yang mengambil tema, Peluang dan Tantangan Menuju Smart City, dalam rangka kegiatan Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia. Sedangkan nara sumber lainnya dalam kegiatan FGD Smart City ini, antara lain dari Kabupaten Sleman, Kota Banjarmasin, Kota Cirebon, dan Kota Mimika.

FGD Smart City yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) RI, tepatnya pada hari Selasa, 17 Oktober 2017, di Pusdiklat (Pusat Pendidikan dan Pelatihan) TIK Kemenkominfo RI Jakarta ini, dibuka secara resmi oleh Sfaf Ahli Bidang Teknik Kemenkominfo RI, yakni Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany Wardana, S.H., M.H., serta dihadiri oleh 25 kota dan kabupaten se Indonesia yang lulus seleksi oleh Kemenkominfo RI tahun 2017, dan para pembimbing dari Kompas Gramedia Jakarta.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya FGD Smart City ini, yakni untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman, dalam mewujudkan smart city, khususnya di 25 kota dan kabupaten se Indonesia yang lulus seleksi oleh Kemenkominfo RI tahun 2017. Selain berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman, juga diisi sejumlah rangkaian kegiatan, diantaranya Bimtek (Bimbingan Teknis) untuk membuat masterplan smart city dan menyusun buku quickwin smart city, sebagai langkah inisiatif yang mudah dan cepat untuk mewujudkan smart city.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi sudah siap menuju 100 Smart City. Karena seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi sudah memiliki aplikasi sendiri, serta sedang diintegrasikan dalam satu system. Maksud dan tujuannya, supaya segenap lapisan warga masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Disamping itu juga dijelaskan, Pimpinan Daerah di Kota Sukabumi sangat mendukung dan konsen mengimplementasikan Smart City di Kota Sukabumi, sesuai dengan pesatnya dan perkembangan teknologi informasi saat ini. Adapun upaya untuk mewujudkan Smart City di Kota Sukabumi, selain memanfaatkan infrastruktur dan suprastruktur yang dimiliki saat ini, Pemerintah Kota Sukabumi juga melakukan kerja sama dengan pihak swasta, khususnya dalam hal penyediaan layanan teknologi informasi, dengan membangun beberapa titik layanan internet gratis bagi warga masyarakat pada ruang-ruang publik di Kota Sukabumi, serta memanfaatkan potensi Perguruan Tinggi yang ada di Kota Sukabumi, seperti Politeknik Sukabumi dan UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi).