SELURUH KEPALA OPD DI KOTA SUKABUMI AGAR MENINGKATKAN MATURITAS PENYELENGGARAAN SPIP

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., meminta kepada seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar menyatukan tekad dan langkah, khususnya dalam meningkatkan Maturitas Penyelenggaraan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, serta melakukan perbaikan dengan segera terhadap unsur SPIP yang masih kurang, dan memprioritaskan peningkatan Level Maturitas SPIP pada OPD masing-masing. Permintaan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Workshop Maturitas Level SPIP di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya tanggal 17 Oktober 2017, di Sangga Buana Resort Cianjur.

Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi mengatakan, berbagai upaya perbaikan dan SPIP yang dilakukan oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, pada hakekatnya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kota Sukabumi yang bersih dan bebas KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme), serta efektif, efisien dan optimal, khususnya dalam memberi pelayanan kepada warga masyarakat.

Sementara Sekretaris Inspektorat Kota Sukabumi, Hj. Lulu Yuliasari, S.H., selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, peserta yang mengikuti Workshop Maturitas Level SPIP di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, seluruhnya berjumlah 37 orang, yang terdiri dari para Sekretaris OPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dan Unsur Inspektorat Kota Sukabumi. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber, yakni dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Perwakilan Propinsi Jawa Barat. Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Workshop Maturitas Level SPIP di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, diantaranya untuk membangun komitmen Pemerintah Daerah Kota Sukabumi, khususnya dalam penyelenggaraan SPIP di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi menuju Maturitas Level 3.

Dijelaskannya, mulai tahun 2016, APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) disibukan dengan tugas pekerjaan baru, yakni menilai Maturitas SPIP di instansinya masing-masing. Hal tersebut dipicu oleh target indikator kinerja bidang aparatur negara, yang ditetapkan dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2015-2019. Sedangkan indikator kinerja tersebut, yakni berupa tingkat kematangan implementasi SPIP, yang ditargetkan mencapai level 3 dari skala 1 sampai dengan 5 pada tahun 2019.