WARGA MASYARAKAT YANG MEMBAYAR PAJAK MELALUI APLIKASI PANTAS SUDAH MENCAPAI 80 PERSEN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Warga masyarakat khususnya para WP (Wajib Pajak) di Kota Sukabumi, yang membayar pajak melalui Aplikasi PANTAS (Pajak Online Kota Sukabumi), sudah mencapai sekitar 80 persen, dan sisanya sekitar 20 persen lagi, masih membayar seperti biasa secara manual. Padahal menurut Kepala Bidang Pendaftaran dan Penetapan BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, Rakhman Gania Kusuma, S.T., M.T., Aplikasi PANTAS yang digulirkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi melalui BPKD Kota Sukabumi ini baru berjalan 1 bulan, sejak dilaunching secara resmi oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 26 September 2017. Namun demikian, antusias warga masyarakat Kota Sukabumi dalam membayar pajak melaui Aplikasi PANTAS ini cukup tinggi. Buktinya, kendati aplikasi ini baru berjalan 1 bulan sejak dilaunching secara resmi, warga masyarakat Kota Sukabumi yang membayar pajak melalui aplikasi ini sudah mencapai sekitar 80 persen.

Untuk itu, Kepala Bidang Pendaftaran dan Penetapan BPKD Kota Sukabumi menargetkan, warga masyarakat Kota Sukabumi yang membayar pajak melalui Aplikasi PANTAS ini, pada tahun 2018 mendatang bisa mencapai 100 persen. Karena digulirkannya Aplikasi PANTAS ini, yakni untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya dalam melakukan pembayaran pajak. Selain itu, realisasi penerimaan dan pengumpulan pajak di Kota Sukabumi pun akan lebih transparan, sehingga dapat diketahui secara jelas oleh warga masyarakat.

Adapun upaya agar warga masyarakat Kota Sukabumi yang membayar pajak melalui Aplikasi PANTAS ini bisa mencapai 100 persen pada tahun 2018 mendatang, pihak BPKD Kota Sukabumi akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga masyarakat. Karena sisa warga masyarakat Kota Sukabumi sekitar 20 persen yang masih membayar pajak seperti biasa secara manual tersebut, kemungkinan belum mengetahui dan belum paham tentang tata cara menggunakan Aplikasi PANTAS ini, atau bisa saja ada kendala lainnya.

Disamping itu, Kepala Bidang Pendaftaran dan Penetapan BPKD Kota Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat khususnya para WP di Kota Sukabumi, agar senantiasa tepat waktu dalam melakukan pembayaran pajak, baik melalui Aplikasi PANTAS maupun seperti biasa secara manual. Sebab apabila tidak tepat waktu atau terlambat dalam melakukan pembayaran pajak, akan dikenakan sanksi dan denda keterlambatan, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.