KEPALA SEKOLAH MERUPAKAN SALAH SATU KOMPONEN PENDIDIKAN YANG MEMILIKI PERAN SANGAT PENTING

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Kepala Sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang memiliki peran sangat penting, khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu, Kepala Sekolah sangat erat hubungannya dengan berbagai aspek di lingkungan sekolahnya, seperti disiplin sekolah, iklim budaya sekolah dan perilaku peserta didiknya.

Penandasan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 23 Oktober 2017, di Hotel Tamansari Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., dan para tamu undangan lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, seorang Kepala Sekolah harus memilki standar kompetensi terutama kompetensi manajerial, serta harus dapat memanfaatkan kemajuan tekhnologi dan informasi, untuk meningkatkan pembelajaran dan manajemen di sekolahnya. Disamping itu, juga harus mampu memimpin sekolahnya dengan baik, serta dapat meningkatkan pendayagunaan sumber daya sekolahnya secara optimal.

Dalam pada itu, Kepala Bidang Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) dan Informasi Pegawai BKPSDM Kota Sukabumi, Dedi Permana, S.IP., selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang dilaksanakan selama 3 hari, tepatnya dari tanggal 23 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2017 ini, diikuti oleh 27 peserta. Adapun Tim Asesor Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah ini, didatangkan dari LPPKS (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah) Kota Solo Propinsi Jawa Tengah.

Dijelaskan pula, dilaksanakannya Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah ini, merupakan bagian dari proses untuk memotret potensi kompetensi Calon Kepala Sekolah. Untuk itu, proses Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah ini sangat penting dilaksanakan, karena dikemudian hari akan mendapatkan amanah menjadi Kepala Sekolah, serta diharapkan dapat memimpin dan mengelola sekolahnya dengan baik. Selain itu juga harus dapat memanfaatkan kemajuan tekhnologi dan informasi, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam meningkatkan pembelajaran dan manajemen serta memajukan sekolahnya dalam berbagai bidang, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.