DPMPTSP KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MEMBERIKAN KEMUDAHAN KEPADA PARA INVESTOR

Reporter : ENDANG SUMARDI

DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal memberikan kemudahan kepada para investor, yang akan menanamkan modalnya di Kota Sukabumi. Karena seperti diungkapkan Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi, Drs. Beni Haerani, M.M., dari 42 izin di Kota Sukabumi, hanya 2 izin yang dikenakan retribusinya, yakni IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan Trayek. Sedangkan sisanya dibebaskan alias gratis, termasuk izin gangguan dan yang lainnya.

Dijelaskannya, bagi para investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Sukabumi, bisa mengajukan permohonan izin secara online melalui aplikasi SPIPISE (Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik), termasuk persyaratan administrasinya, atau apabila ingin lebih jelas bisa datang langsung ke DPMPTSP Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, apabila persyaratan admisitrasinya sudah lengkap, izinnya akan segera keluar.

Menyinggung investasi di Kota Sukabumi, menurut Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi, hingga triwulan ke 3 tahun 2017 sudah melebihi target yang telah ditentukan, yakni mencapai Rp. 147 milyar rupiah, melalui non SPIPISE atau yang datang langsung ke DPMPTSP Kota Sukabumi, dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 1.845 orang. Adapun yang dimaksud dengan non SPIPISE ini, yakni permohonan ijin baru yang dikeluarkan oleh DPMPTSP Kota Sukabumi, yang modal usahanya dibawah Rp. 500 juta, seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan yang lainnya.

Dikatakannya, apabila melihat data yang ada di DPMPTSP Kota Sukabumi, jumlah investor yang menanamkan modalnya di Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya senantiasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kecuali untuk PMA (Penanaman Modal Asing), karena hingga triwulan ke 3 tahun 2017 ini masih kosong, sebab di Kota Sukabumi sudah tidak ada ruang untuk mendirikan pabrik. Sedangkan untuk PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri), dalam setiap tahunnya senantiasa melebihi target yang sudah ditentukan. Diantaranya pada tahun 2016 mencapai 755 perusahaan, dengan nilai investasi mencapai Rp. 309.914.908.491,00, dan penyerapan tenaga kerjanya mencapai 3.826 orang.

Adapun upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas DPMPTSP Kota Sukabumi, senantiasa dilakukan konsolidasi ke dalam, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat, dengan meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan kepada seluruh pegawai  DPMPTSP Kota Sukabumi, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fingsi) serta bidang masing-masing.