WALIKOTA SUKABUMI DAN WALIKOTA BANDUNG MELAKUKAN PENANDATANGAN MOU DAN PERJANJIAN KERJASAMA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. dan Walikota Bandung, H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., melakukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman bersama dan perjanjian kerjasama, dalam rangka Implementasi Aplikasi Smart City dan e-Government, tepatnya tanggal 1 November 2017, di Pendopo Kota Bandung. Turut mendampingi Walikota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., Inspektur Kota Sukabumi, Rudi Juhayat, S.H., Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. Gabril Sukarman, M.Pd., Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Een Rukmini, S.H., M.H., Kepala Bagian Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) Setda Kota Sukabumi, Diar Ruswidjanarko, ATD., M.Eng.M., serta Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc.

Usai melakukan penandatangan MoU dan perjanjian kerjasama, Walikota Sukabumi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi sudah siap menuju 100 Smart City dan e-Government. Sebab seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi sudah memiliki aplikasi sendiri, dan saat ini sedang diintegrasikan dalam satu system. Maksud dan tujuannya, supaya segenap lapisan warga masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Selain itu, Walikota Sukabumi berserta seluruh unsur pimpinan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya mendukung sekaligus mengimplementasikan Smart City dan e-Government di Kota Sukabumi, sesuai dengan pesatnya dan perkembangan teknologi informasi saat ini.

Adapun unpaya untuk mewujudkan Smart City dan e-Government di Kota Sukabumi, selain memanfaatkan infrastruktur dan suprastruktur yang dimiliki saat ini, Pemerintah Kota Sukabumi juga melakukan kerja sama dengan pihak swasta, khususnya dalam hal penyediaan layanan teknologi informasi, dengan dibangunnya beberapa titik layanan internet gratis bagi warga masyarakat di ruang-ruang publik, seperti di Taman Urang Lapangan Merdeka, Taman Cikondang, Setda Kota Sukabumi, Dispusip (Dinas Perpustakaan Umum dan Kearsipan) Kota Sukabumi, serta dalam waktu dekat akan disediakan pula di area Terminal Tipe A. K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi. Disamping melakukan kerja sama dengan pihak swasta, Pemerintah Kota Sukabumi juga memanfaatkan potensi Perguruan Tinggi yang ada di Kota Sukabumi, seperti Politeknik Sukabumi dan UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi), untuk memaksimalkan potensi yang ada di Kota Sukabumi, serta untuk mempermudah pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi.