WALIKOTA SUKABUMI BESERTA DIREKTUR PDAM TBW KOTA SUKABUMI MENANDATANGANI NPHD PROGRAM HIBAH APBN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumim H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., beserta Direktur PDAM TBW (Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi, Anton Rachman Suryana, S.Sos., M.AP. dan pihak Kementerian Keuangan RI, menandatangani NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) program hibah air minum dan hibah air limbah APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), serta perpanjangan hibah air limbah yang bersumber dari USAID (United States Agency for International Development) Tahun 2017. Penandatanganan NPHD tersebut, dilakukan tanggal 2 November 2017, di Gedung R.M. Notohamiprodjo Radius Prawiro Kementrian Keuangan RI Jakarta, beserta para Bupati dan Walikota lainnya se Indonesia, yang mendapat program tersebut.

Usai menandatangani NPHD tersebut, Walikota Sukabumi didampingi Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi mengucapkan bersyukur, atas dilaksanakannya penandatanganan NPHD tersebut. Karena Pemerintah Kota Sukabumi dapat melaksanakan peningkatan dan percepatan akses air minum yang layak, dan target universal akses 100 persen air minum warga masyarakat. Sebab dilaksanakannya program tersebut, sebagai salah satu upaya untuk mencapai target akses air minum 100 persen warga masyarakat sampai dengan tahun 2019 mendatang, sesuai dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2014-2019.

Dijelaskannya, hibah air minum perkotaan tahun 2017 yang dilaksanakan oleh PDAM TBW Kota Sukabumi, akan disalurkan kepada 476 KK (Kepala Keluarga) warga Kota Sukabumi, serta akan mendapat sambungan air bersih secara gratis, dan apabila harus membayar sambungan tersebut, nilainya mencapai Rp. 1.200.000,00. Namun Pemerintah Kota Sukabumi melalui PDAM TBW Kota Sukabumi, akan menggratiskan biaya sambungan air tersebut, kepada warga Kota Sukabumi yang benar-benar membutuhkan, dan apabila airnya harus membayar, akan disesuaikan dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu Walikota Sukabumi mengharapkan, di Kota Sukabumi tidak boleh terjadi lagi kekurangan air bersih. Untuk itu Walikota Sukabumi menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal mengantisipasi terjadinya kekurangan air bersih, dengan senantiasa menjaga dan memelihara sumber-sumber air yang ada sekaligus melakukan penghematan air, yakni dalam setiap menggunakan air harus disesuaikan dengan kebutuhan.