WAKIL WALIKOTA SUKABUMI MENYATAKAN MERASA BANGGA TERHADAP SMK NEGERI 1 KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., menyatakan merasa bangga terhadap SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, sebagai salah satu sekolah dari sembilah sekolah di seluruh Indonesia, yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat untuk menyelenggarakan kegiatan Job Maching. Pernyataan Wakil Walikota Sukabumi, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Stekmensi (Sekolah Teknologi Menengah Sukabumi) Job Maching, tepatnya tanggal 4 November 2017, di Aula SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, ditandai dengan pemukulan gong. Adapun jumlah peserta yang mendaftar dalam kegiatan Job Maching ini, seluruhnya mencapai 7.148 pelajar kelas 12 dan para alumni SMK, berasal dari Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor. Sedangkan jumlah dunia usaha dan industri yang berpartisipasi dalam kegiatan Job Maching ini, seluruhnya mencapai 60 perusahaan.

Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, kegiatan Job Maching ini, bertujuan untuk mempermudah akses para pencari kerja, khususnya bagi para pelajar kelas 12 dan para alumni SMK, yakni dipertemukan dengan pihak dunia usaha dan industri. Selain itu, para peserta juga diberi pencerahan dan pemahaman, yakni setelah lulus dari SMK, bukan untuk mencari pekerjaan, tapi dunia usaha dan industri yang mencari dan membutuhkan para lulusan SMK, terutama yang dinyatakan lulus dalam kegiatan Job Maching ini. Untuk itu, pengetahuan dan wawasan serta keakhlian, kemampuan dan keterampilan para peserta Job Maching ini harus ditingkatkan dan dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan pihak dunia usaha dan industri, supaya dapat diterima bekerja di dunia usaha dan industri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi pengangguran. Sebab maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Job Maching ini, diantaranya untuk mengurangi pengangguran, sesuai dengan kebijakan dan program nasional Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) RI, bahwa dilaksanakannya kegiatan Job Maching ini untuk mengurangi pengangguran, khususnya bagi para lulusan SMK, dengan mempromosikan sumber daya SMK.

Selain itu Wakil Walikota Sukabumi juga menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal mengurangi pengangguran khususnya di Kota Sukabumi, dengan senantiasa secara rutin menyelanggarakan Job Fair atau Bursa Kerja, tepatnya pada setiap memperingati Hari Jadi Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, dilaksanakannya Job Fair secara rutin di Kota Sukabumi ini, sesuai dengan amanat Pasal 27 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945, bahwa setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusian. Sedangkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Kota Sukabumi, banyak program yang telah dan akan senantiasa dilaksanakan, baik oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maupun oleh Pemerintah Kota Sukabumi.