WAKIL WALIKOTA SUKABUMI MEMBERI APRESIASI YANG TINGGI KEPADA RKS

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., menyambut baik sekaligus memberi apresiasi yang tinggi kepada RKS (Rumah Kreatif Sukabumi) seraya mengharapkan, agar  RKS ini bisa lebih baik dan maju lagi, dalam memfasilitasi dan membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Sukabumi, khususnya dalam melakukan pemasaran produknya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Sukabumi, saat mengunjungi RKS, yang beralamat di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 6 November 2017, didampingi sejumlah pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, diantaranya Kepala Bidang Infrastruktur TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi), Persandian dan Integrasi Data Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T.

Wakil Walikota Sukabumi juga menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi bersama OPD serta instansi dan lembaga terkait, senantiasa berupaya optimal dan akan terus memberikan suport kepada seluruh UMKM yang ada di Kota Sukabumi, supaya bisa lebih maju, meningkat dan berkembang dengan pesat.

Sementara Penggagas RKS, Toto Murseto menjelaskan, keberadaan RKS ini untuk sharing atau tukar infomasi tentang bisnis UMKM khususnya di Sukabumi, untuk bersama-sama berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan produk UMKM, supaya bisa dipasarkan di minimarket dan supermarket. Dijelaskan pula,  inisiatif untuk menggabungkan para pelaku UMKM di Sukabumi dalam satu wadah ini, bertujuan untuk bisa bersinergi bersama melalui program dan kegiatan UMKM, yakni academy, business, community, government dan media.

Untuk itu, pihak RKS senantiasa berupaya optimal melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat, sekaligus menjalin kerjasama dengan sejumlah instansi, untuk mendukung program dan kegiatan UMKM khususnya di Sukabumi. Diantaranya dengan Kantor Pajak Pratama Sukabumi, PT PNM (Permodalan Nasional Madani), Kelurahan dan Lembaga Pendidikan. Bahkan RKS ini sudah memiliki workshop sendiri, di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi dan Gerai di Jalan Sudirman Kota Sukabumi, untuk membantu para pelaku UMKM dalam mempromisikan dan memasarkan produknya.

Selain itu juga dijelaskan, di Sukabumi saat ini ada 340 minimarket yang potensial. Namun produk UMKM yang masuk ke minimarket hanya beberapa produk saja bahkan ada yang belum sama sekali. Sedangkan jumlah UMKM di Sukabumi saat ini ada 3.000 UMKM. Dikatakannya, apabila pada ratusan minimarket tersebut ada 10 sampai dengan 20 produk UMKM yang masuk, bisa membantu para pelaku UMKM, dengan pendapatan minimal Rp. 500 juta dalam setiap bulannya.