PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MEMBERLAKUKAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS ELEKTRONIK

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Sukarman, M.Pd. menandaskan, bahwa Pemerintah Kota Sukabumi, akan memberlakukan Sistem Pengelolaan Keuangan Berbasis Elektronik atau e-Budgetting, termasuk e-Planning dan e-Proccessing. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara.

Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan sistem yang baik, akan berdampak pada anggaran yang bermanfaat, untuk meningkatan kesejahteraan warga masyarakat dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi warga masyarakat, sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa. Ditandaskan pula, dalam melakukan pengelolaan keuangan, bukan hanya harus baik dari sisi pemerintahannya saja, tapi juga harus baik dari sisi dalam memperhatikan kesejahteraan warga masyarakatnya di berbagai bidang.

Selain itu, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi juga menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi saat ini sedang berupaya optimal merampungkan penyusunan blue print atau kerangka kerja secara terperinci, sebagai landasan pembuatan kebijakan smart city atau kota cerdas, dan quick win smart city sebagai langkah inisiatif yang mudah dan cepat dicapai untuk mewujudkan kota cerdas, serta akan dimasukan dalam RPJMD (Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi.

Adapun untuk kontennya, difokuskan pada 5 pilar, sesuai dengan yang diusung oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Antara lain smart building, smart governance, smart community, smart economy dan smart branding. Dijelaskannya, ke 5 pilar tersebut, harus sampai detail program kegiatan dan penganggarannya. Selain itu juga dijelaskan, dilaksanakannya program dan kebijakan tersebut, untuk memberi kemudahan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi mengatakan, dengan berbagai program tersebut, di Kota Sukabumi semuanya akan berbasis elektronik, sehingga semuanya akan transparan. Disamping itu, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi juga mengatakan merasa optimis, bahwa berbagai program tersebut, dalam jangka waktu satu atau dua tahun sudah terwujud.

Menyinggung pengelolaan keuangan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, seperti dijelaskan Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, dinilai sudah baik serta transparan dan akuntabel. Sebagai salah satu buktinya, Kota Sukabumi sudah 3 kali mendapat Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) secara berturut-turut dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI, tepatnya dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017.