SEKRETARIS DAERAH KOTA SUKABUMI MEMBUKA PORSENI PGRI KOTA SUKABUMI TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., membuka secara resmi Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya tanggal 15 November 2017, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, yang diikuti oleh perwakilan dari 7 Cabang PGRI Kecamatan se Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Pimpinan DPRD Kota Sukabumi, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal terkait, para Camat dan Lurah, para Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Ketua PGRI Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi atas nama Pemerintah Kota Sukabumi menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Panitia Penyelenggara, atas dilaksanakannya Porseni PGRI Kota Sukabumi Tahun 2017 ini. Karena kegiatan ini sangat baik dan positif, khususnya dalam upaya membudayakan olahraga dan seni, terutama di kalangan PGRI Kota Sukabumi.

Selain itu, juga sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta posisi PGRI sangat berperan penting dalam upaya mewujudkan visi tersebut, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM (Sumber Daya Manusia) di Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, olahraga merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan SDM yang bermutu. Karena dengan olahraga dapat menjaga sekaligus meningkatkan kebugaran dan kesehatan. Untuk itu, pengembangan olahraga di berbagai kalangan masyarakat harus senantiasa ditingkatkan, karena merupakan bagian yang tidak kalah penting dari keseluruhan pembangunan bangsa. Maksud dan tujuannya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin, masyarakat yang sehat jasmani dan rokhani, serta masyarakat yang sehat sosial dan spiritualnya.

Demikian pula pembinaan dan pengembangan kesenian khususnya kesenian daerah, pada saat ini sangat penting, yakni selain untuk memperkuat rasa kebangsaan, juga untuk mengeliminir berbagai pengaruh budaya luar, yang sangat berpengaruh pada perkembangan perilaku generasi muda. Disamping itu, kesenian daerah merupakan hasil dari budi dan daya para leluhur, serta sangat sarat dengan nilai-nilai filosofis kehidupan yang baik, santun dan beradab.