PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA SUKABUMI BARU MENCAPAI 80 PERSEN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Sekretaris Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, Dra. Hj. Iyan Damayanti, M.Si., penyerapan tenaga kerja di Kota Sukabumi tahun 2017, hingga akhir bulan Oktober 2017 baru mencapai 3.600 orang, atau baru mencapai 80 persen dari target yang ditetapkan sebanyak 5.000 orang. Namun demikian, Sekretaris Disnaker Kota Sukabumi menyatakan merasa optimis, bahwa penyerapan tenaga kerja di Kota Sukabumi tahun 2017 ini, sampai dengan akhir bulan Desember 2017 mendatang bisa mencapai target 100 persen, bahkan over target seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebab dalam beberapa pekan ke depan, ada sejumlah perusahan di Kota Sukabumi yang membuka kesempatan kerja cukup banyak. Selain itu, pada pekan ini ada penerimaan tenaga kerja di perusahaan kuliner pembuatan pizza di Kota Sukabumi, dengan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 25 orang. Selanjutnya bulan depan, akan ada penerimaan tenaga kerja di 2 hotel di Kota Sukabumi, yakni Hotel Santika dan Hotel Amaris.

Dikatakannya, jumlah pencari kerja di Kota Sukabumi saat ini dengan jumlah lapangan atau lowongan pekerjaan yang ada masih belum seimbang. Buktinya berdasarkan data yang ada di Disnaker Kota Sukabumi, jumlah pencari kerja yang membuat kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja sampai dengan bulan Oktober 2017 mencapai 5.000 orang. Sedangkan jumlah tenaga kerja yang terserap sampai dengan bulan Oktober 2017 baru mencapai 3.600 orang, atau baru mencapai 80 persen.

Adapun upaya untuk memfasilitasi sekaligus menyerap para pencari kerja, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disnaker Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal dan secara rutin menyelenggarakan job fair atau bursa kerja, tepatnya pada setiap memperingati Hari Jadi Kota Sukabumi, yakni mempertemukan para pencari kerja dengan sejumlah perusahaan.

Sementara untuk di setiap sekolah khususnya SMK di Kota Sukabumi, sudah bisa melakukan penempatan tenaga kerja di sejumlah perusahaan, melalui BKK (Bursa Kerja Khusus). Sebagai salah satu contohnya di SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, pada tanggal 4 dan 5 November 2017 menyelenggarakan Job Matching, dengan melibatkan sejumlah perusahaan, untuk menyampaikan informasi tentang lowongan pekerjaan di perusahaannya masing-masing. Dikatakannya, pengumuman lowongan pekerjaan ini, sudah ditempel di papan informasi Disnaker Kota Sukabumi, Disamping itu, juga disebarkan melalui Medsos (Media Sosial) Facebook. supaya bisa diketahui oleh para pencari kerja, khususnya di Kota Sukabumi.