DI KOTA SUKABUMI SEDANG BERLANGSUNG LPI TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Di Kota Sukabumi sedang berlangsung LPI (Liga Pendidikan Indonesia) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017, bertempat di Stadion Suryakencana Kota Sukabumi, dengan mengambil tema, bersatu, bersahabat, berkarakter dan berprestasi. LPI tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., tepatnya tanggal 21 November 2017, ditandai dengan penendangan bola. Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., Kepala Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., Kepala Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si., serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Walikota Sukabumi menjelaskan, olahraga sebagai pembentukan karakter bangsa, khususnya bagi para pemuda dan pelajar. Adapun salah satu wadahnya yakni LPI. Dijelaskan pula, waktu luang adalah musuh bagi generasi muda. Oleh karenanya perlu diisi dengan aktivitas yang positif, untuk membentuk karakter kebangsaan dan mewujudkan olahraga sebagai media utamanya, dalam menjembatani dilema antara keberhasilan studi akademis dan prestasi olahraga.

Hal tersebut sudah menjadi fenomena klasik LPI, yakni strategi dan komitmen melalui sepakbola sebagai jawabannya. Sebab dengan sepakbola yang berkualitas tinggi, akan melahirkan prestasi yang membanggakan bangsa. Oleh karenanya, olahraga menjadi bagian penting dalam kehidupan, khususnya bagi para pemuda dan pelajar, serta sepakbola merupakan olahraga yang paling sering dimainkan oleh sebagian besar pemuda dan pelajar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan penyatuan visi dan konsep serta implementasi dari semua pihak yang terkait, terutama dalam memberikan dan menyediakan wadah, demi keseimbangan pembinaan sepakbola, yang tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan di sekolah. Dikatakannya, sepak bola modern dapat membentuk dan membangun karakter serta watak dan budaya yang unggul warga masyarakat dan bangsa, melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam sepakbola, serta menjadikan olahraga sebagai bagian dari program pendidikan dan menetapkan LPI sebagai program nasional, dengan mengajak peran aktif warga masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya LPI ini, yakni untuk memberikan wadah pembinaan yang seluas-luasnya bagi generasi muda, dan menjadikan sepakbola sebagai bagian dari program pendidikan, khususnya dalam membentuk dan membangun karakter generasi muda yang berbudaya unggul, menggali talenta sepakbola generasi muda untuk dibina dan dilatih, sebagai persiapan jangka panjang dan sebagai pilar Tim Nasional Indonesia menuju Piala Dunia Tahun 2045.