STMIK NUSA MANDIRI SUKABUMI KEMBALI MENGGELAR ENTREPRERENEUR FAIR 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Nusa Mandiri Sukabumi, kembali menggelar Entrepreneur Fair 2017, tepatnya tanggal 23 November 2017, di Halaman Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, Jalan Veteran II Nomor 20A Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut diikuti oleh Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, khususnya yang menerima Mata Kuliah Kewirausahaan atau Entrepreneurship.

Adapun maksud dan tujuannya, seperti dijelaskan Kepala Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, Taufik Hidayatulloh, M.Kom., untuk membentuk jiwa wirausaha mahasiswa dan meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), sekaligus membantu program pemerintah khususnya dalam mengurangi angka pengangguran. Dijelaskan pula, kegiatan ini merupakan agenda rutin NEC (Nusa Mandiri Entrepreneur Center), dalam upaya melahirkan calon wirausaha muda dari kampus, serta merupakan tindak lanjut dari kegiatan seminar yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh NEC, dalam tangka upaya menyiapkan calon-calon wirausaha muda yang kreatif dan inovatif, dengan harapan mampu bersaing dalam menghadapi dunia wirausaha, sekaligus memberi peluang kepada mahasiswa, untuk merasakan atmosfer bisnis dengan terjun langsung dan memberikan pelayanan kepada customer.

Selanjutnya dijelaskan, dalam Entrepreneur Fair 2017 ini, ada 30 stand Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sukabumi yang berpartisipasi, dengan menampilkan berbagai produk. kreatifitas dan inovatif yang sangat menarik customer, mulai dari kuliner dan fashion hingga jasa dan yang lainnya. Dengan hal tersebut, membuat Halaman Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi penuh sesak dipadati oleh para pengunjung, baik oleh mahasiswa maupun oleh warga masyarakat dari sekitar Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, sehingga kegiatan ini semakin meriah dan semarak. Selain itu, juga banyak produk yang laris terjual, karena marketing yang bagus dan kemasan yang kreatif, karena sangat menarik customer, serta ada beberapa stand yang didisain dengan persiapan yang sangat maksimal, sehingga nampak semakin beragam dan bervariatif.

Disamping itu juga dijelaskan, kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam belajar berbisnis, mulai dari tahap open table hingga memberikan pengalaman dalam berkomunikasi secara kelompok, mengajarkan kekompakan dan pembagian job desc yang seimbang, serta dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam memperkenalkan hasil produk wirausahanya. Lebih jauh dijelaskan, banyak sekali mahasiswa dan warga masyarakat yang merasa terkesan atas dilaksanakannya kegiatan ini, karena sangat positif dan besar manfaatnya, ter-utama bagi  Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sukabumi.

Dalam pada itu, salah seorang Dosen Matakuliah Kewirausahaan sekaligus sebagai salah seorang juri, Andi Riyanto, memberikan komentar positif terkait kegiatan ini. Sebab dengan dilaksaknakan kegiatan ini secara rutin, bisa berdampak baik kepada mahasiswa, terkait pentingnya berwirausaha pada zaman sekarang, untuk mengatasi pengangguran, karena dari tahun ke tahunnya jumlah pengangguran semakin meningkat. Berkaitan dengan hal tersebut diharapkan, mahasiswa dapat ikut berperan secara aktif, dalam mengatasi dan mengurangi tingkat pengangguran.

Disamping itu juga diharapkan, dengan diadakannya acara Entrepreneur Fair ini, dapat semakin banyak kaum muda di Indonesia khususnya di Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, yang memiliki jiwa enterpreneurship yang mampu bersaing dalam dunia wirausaha, sebab acara ini tidak hanya untuk memenuhi nilai Mata Kuliah Kewirausahaan saja, tapi juga bisa menanamkan dan mengembangkan potensi mahasiswa dalam dunia usaha. Karena sejatinya, manusia tidak melulu ikut bekerja dengan orang lain, tapi harus bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Sementara Matthew dan Sansan, Mahasiswa Semester Satu STMIK Nusa Mandiri Sukabumi yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini merasa sangat senang, karena bakat dalam berwirausaha menjadi terasah dan bisa memperoleh tambahan ilmu dalam berwirausaha. Diharapkannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut dan berkembang, supaya dapat lebih baik lagi. Selain itu juga mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, terutama bagi  mahasiswa yang masih berstatus mahasiswa baru. Sebab dengan kegiatan ini, mahasiswa bisa lebih mengenal rekan seangkatannya, serta dapat memupuk kerjasama dalam sebuah tim.