PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERHASIL MERAIH PENGHARGAAN TINGKAT NASIONAL DARI OMBUDSMAN RI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi berhasil meraih Penghargaan Tingkat Nasional dari Ombudsman RI, yakni Penghargaan Kepatuhan Tinggi di Bidang Pelayanan Publik Tahun 2017. Penghargaan tersebut, diterima oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., tepatnya pada hari Selasa, 5 Desember 2017, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, beserta 11 Kementerian, 10 Lembaga Negara, 13 Pemerintah Provinsi, 15 Pemerintah Kabupaten dan 15 Pemerintah Kota lainnya se Indonesia, yang menerima penghargaan tersebut.

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menjelaskan, Penghargaan Kepatuhan Tinggi di Bidang Pelayanan Publik ini, merupakan salah bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota Sukabumi, atas pencapaian kinerja khususnya dalam pemenuhan komponen standar pelayanan publik, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Dijelaskan pula, pihak Ombusdman RI sudah melakukan Survei Kepatuhan Tinggi di Bidang Pelayanan Publik beberapa bulan yang lalu, oleh Tenaga Pengumpul Data atau Enumerator Ombusdman RI, dan hasil dari survei tersebut datanya diolah oleh Ombudsman RI. Selain itu juga dijelaskan, berdasarkan hasil survei tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi mendapat Predikat Kepatuhan Tinggi Zona Hijau di Bidang Pelayanan Publik.

Ditandaskannya, prestasi ini merupakan wujud kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh elemen warga masyarakat Kota Sukabumi. Oleh karenanya, penghargaan ini akan dipersembahkan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh elemen warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang telah membantu mewujudkan Kepatuhan Tinggi di Bidang Pelayanan Publik di Kota Sukabumi.

Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh elemen warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa bersama-sama mempertahankan sekaligus meningkatkan prestasi ini, supaya Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi, khususnya dalam Kepatuhan di Bidang Pelayanan Publik. Karena dengan hal tersebut, kesejahteraan warga masyarakat Kota Sukabumi akan terus meningkat, melalui pelayanan publik yang terbaik. Karena meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat ini, bukan hanya melalui pembangunan fisik saja, tapi juga melalui pembangunan non fisik, seperti pelayanan publik.

Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh elemen warga masyarakat Kota Sukabumi, terutama kepada Ombudsman Provinsi Jawa Barat, yang senantiasa berupaya optimal membimbing dan membina Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam mewujudkan Kepatuhan Tinggi di Bidang Pelayanan Publik.