KONDISI PJU DI SETIAP RUAS JALAN DI KOTA SUKABUMI DALAM KEADAAN AMAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Dion Sanaha, S.T., didampingi Kepala Seksi PJU (Penerangan Jalan Umum) Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Lutpi Alip, S.T. menandaskan, kondisi PJU di setiap ruas jalan di Kota Sukabumi dalam keadaan aman, kendati ada beberapa PJU yang mengalami kerusakan yang perlu segera diperbaiki.

Dijelaskannya, dalam kondisi cuaca dan intesitas hujan yang tinggi serta angin kencang, PJU yang ada di setiap ruas jalan di Kota Sukabumi bisa rusak atau mati secara tiba-tiba. Untuk itu, Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal melakukan pemeriksaan dan perbaikan secara rutin terhadap PJU yang ada di setiap ruas jalan di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan serta keamanan dan kenyamanan kepada segenap lapisan warga masyarakat, khususnya para pengguna jalan.

Dijelaskan pula, Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, baru selesai memasang sebanyak 178 PJU lingkungan, 9 PJU Gang, 10 PJU Sollar Cell, dan 21 PJU di Jalan Provinsi, sesuai dengan target Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Tahun 2017. Sedangkan target pada Tahun 2018 mendatang, selain akan menambah pemasangan PJU Lingkungan, juga akan memasang PJU Smart yang bisa dimonitor langsung dari kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Dengan demikian, kondisi PJU tersebut bisa dengan mudah diketahui, apakah dalam keadaan baik atau mengalami kerusakan atau terganggu oleh faktor alam dan sebagainya. Lebih jauh dijelaskan, PJU Smart ini menurut rencananya akan dipasang di 60 titik, tersebar di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengungkapkan, kebutuhan PJU di Kota Sukabumi baru mencapai sekitar 90 persen dari target yang ditetapkan, terutama pemasangan PJU Gang. Sebab pemasangan PJU Gang ini, harus memenuhi jumlah kebutuhan di sejumlah wilayah di Kota Sukabumi. Diungkapkan pula, untuk memasang satu unit PJU bisa menghabiskan anggaran sekitar Rp. 10 juta. Sedangkan untuk memasang satu unit PJU Sollar Cell, bisa menghabiskan anggaran dua kali lipat yakni sekitar Rp. 20 juta. Namun untuk PJU Sollar Cell bisa lebih hemat, baik dari sisi energinya maupun dari sisi pembayarannya.