DISDUKCAPIL KOTA SUKABUMI MENDAPAT PENGHARGAAN WBK DARI KEMENPAN-RB RI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, mendapat Penghargaan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi), dari KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI. Penghargaan tersebut diserahkan MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, Dr. Asman Abnur, S.E., M.Si., kepada Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. beserta yang lainnya, pada Workshop dan Penyerahan Penghargaan Zona Integrasi Menuju WBK dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), yang diselenggarakan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN-RB RI, tepatnya tanggal 12 Desember 2017, di KemenPAN-RB RI Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional Tahun 2017.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. mengungkapkan, sebelumnya Disdukcapil Kota Sukabumi mendapat Penghargaan Opini WBK dari Pemerintah Kota Sukabumi, sebagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang bersih dari korupsi. Dijelaskannya, untuk mewujudkan WBK di lingkungan Disdukcapil Kota Sukabumi ini, dirintis dan diperjuangkan sejak tahun 2012 yang lalu, untuk menuju clean government atau pemerintahan yang bersih. Hasilnya cukup memuaskan dan membanggakan semua pihak, khususnya bagi seluruh jajaran Disdukcapil Kota Sukabumi. Karena upaya tersebut dapat membuahkan hasil yang positif, yakni mendapat Penghargaan Opini WBK dari Pemerintah Kota Sukabumi dan Penghargaan WBK dari KemenPAN-RB RI.

Dijelaskannya, dengan mendapatnya penghargaan tersebut, menggambarkan bahwa akuntabilitas kinerja khususnya dalam pelaporan keuangan, sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, dari mulai proses perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan anggaran, termasuk evaluasi keuangan dan kinerja serta pemberian pelayanan publik, dilakukan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Selain itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi mengatakan merasa bersyukur dan merasa bangga dengan mendapatnya penghargaan tersebut, kendati untuk mempertahankannya sangat berat. Namun demikian, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi beserta seluruh jajaran Disdukcapil Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut. Diantaranya dengan meningkatkan jalinan kerja sama yang baik dengan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi serta instansi dan lembaga lainnya, termasuk support dari Kepala Daerah, khususnya dalam meningkatkan kinerja dan memberi pelayananan yang terbaik kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi.

Selanjutnya Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh jajaran Disdukcapil Kota Sukabumi, agar dengan didapatnya penghargaan tersebut tidak membuat jumawa, tapi harus dijadikan pemicu dan semangat dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada segenap lapisan warga masyarakat, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) masing-masing, serta peraturan dan perundang-undangan yang berkalu.