KPU KOTA SUKABUMI MENARGETKAN 80 PERSEN PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, menargetkan 80 persen partisipasi pemilih di Kota Sukabumi, pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2018 mendatang. Anggota KPU Kota Sukabumi Divisi Sosialisasi, Partisipasi dan SDM (Sumber Daya Manusia), Sri Utami mengatakan, target tersebut menjadi salah satu tantangan bagi KPU Kota Sukabumi, untuk terus melakukan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar partisipasi pemilih di Kota Sukabumi bisa meningkat dan memenuhi target yang ditetapkan.

Dijelaskannya, apabila secara keseluruhan, angka partisipasi pemilih di Kota Sukabumi pada setiap Pilkada, Pilpres (Pemilihan Presiden) dan Pileg (Pemilihan Legislatif) sudah cukup bagus, yakni rata-rata mencapai 75 persen. Namun pada Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2018 mendatang, KPU Kota Sukabumi menargetkan 80 persen atau mengalami kenaikan 5 persen dari Pilkada, Pilpres dan Pileg tahun-tahun sebelumnya.

Adapun upaya dan langkah kongkrit yang akan dilaksanakan KPU Kota Sukabumi dalam menaikan tingkat partispasi pemilih di Kota Sukabumi supaya dapat mencapai target 80 persen, yakni melakukan sosialisasi tentang Pilkada Serentak Tahun 2018 mendatang, kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh ulama dan tokoh pemuda, serta mahasiswa dan pelajar SMA sederajat sebagai pemilih pemula.

Dijelaskan pula, dalam melakukan sosialisasi Pilkada ini, KPU Kota Sukabumi akan menerapkan konsep berbasis keluarga, yakni KPU Kota Sukabumi akan terjun langsung ke masyarakat dengan cara door to door, atau mengundang para Lurah serta Ketua RW dan RT, sebagai ujung tombak terakhir di masyarakat dalam melakukan sosialisasi Pilkada tersebut.

Dengan demikian, berbagai informasi dan tahapan pelaksanaan Pilkada tersebut, bisa segera sampai kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, minimal dapat mengetahui tanggal pencoblosan dan pentingnya menyalurkan hak pilih pada Pilkada tersebut, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan sosialisasi tersebut, KPU Kota Sukabumi sudah memetakan tingkat partisipasi pemilih di 7 kecamatan se Kota Sukabumi.