BIMTEK PENATAUSAHAAN BARANG MILIK DAERAH DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., secara resmi membuka Bimtek (Bimbingan Teknis) Penatausahaan Barang Milik Daerah, di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 13 Desember 2017, di Hotel Taman Sari Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, para pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, serta para Nara Sumber dan para tamu undangan lainnya.

Dalam pengarahannya Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, Bimtek ini sangat penting diikuti oleh para Bendahara Barang di setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah), termasuk Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Terlebih bagi Pemerintah Kota Sukabumi, yang sudah berhasil mendapat Predikat Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI. Karena keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran dan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) Bendahara, khususnya dalam melakukan penyusunan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) secara baik, jelas dan benar, serta lebih detail dan terperinci, yang dilakukan oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), termasuk Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Dikatakannya, apabila dalam melakukan penyusunan LKPD dilaksanakan secara baik, jelas dan benar, serta lebih detail dan terperinci, termasuk dalam pengadaan barang dan jasa, akan berpengaruh sangat besar terhadap Pendataan Aset Daerah. Sebab akurasi dalam pencatatan aset daerah ini, menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi Pemerintah Kota Sukabumi. Untuk itu, kualitas SDM Bendahara termasuk Bendahara Barang, harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, diantaranya melalui Diklat serta Bimtek, supaya dalam melakukan penyusunan LKPD termasuk Barang dan Jasa, dapat dilaksanakan dengan baik, jelas dan benar, serta lebih detail dan terperinci.

Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Bimtek ini, dapat menciptakan dan menghasilkan sekaligus meningkatkan kualitas SDM Bendahara Barang yang lebih baik, serta dapat memahami dan mendalami penyusunan laporan, bukan hanya laporan asset dalam bentuk barang untuk operasional saja, tapi juga laporan aset dalam bentuk bangunan dan lahan. Disamping itu, seluruh inventaris barang yang sudah dibeli dan dimiliki oleh setiap OPD termasuk Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, harus didata dan dicatat dalam Buku Investaris Barang.