MULAI TAHUN 2018 PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MENGHAPUS RETRIBUSI ANGKOT

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., mulai Tahun 2018, Pemerintah Kota Sukabumi menurut rencana akan menghapus Retribusi Angkot (Angkutan Kota). Rencana tersebut, juga pernah disampaikan oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. beberapa bulan yang lalu, bahwa Pemerintah Kota Sukabumi sudah merencanakan akan menghapus Retribusi Angkot.

Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi juga sudah merencanakan akan menghapus Retribusi Trayek Penguji dan Trayek Terminal. Dengan demikian, setiap Angkot tidak membayar lagi retribusi tersebut. Maksud dan tujuannya, untuk memberi keringanan kepada Angkot, sekaligus untuk menghapus kecemburuan sosial antara Angkot dengan Angkutan Online.

Dijelaskannya, penghapusan retribusi tersebut, sebagai subsidi dari Pemerintah Kota Sukabumi kepada Angkot, supaya dapat bersaing dengan angkutan umum lainnya. Disamping itu, juga merupakan salah satu perhatian dan kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi, untuk meringankan para pengemudi Angkot, supaya bisa meningkatkan pelayanan kepada para penumpang.

Menyinggung jumlah Angkot yang beroperasi di Kota Sukabumi saat ini, menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, yang terdata di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, seluruhnya mencapai 2.162 unit. Namun yang memperpanjang trayeknya pada Tahun 2017, hanya 1.400 unit. Sedangkan penghasilan dari Retribusi Angkot di Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya rata-rata mencapai Rp. 1 milyar.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga menjelaskan, dengan adanya pemberian subsidi tersebut, para pengemudi Angkot akan fokus memberi pelayanan kepada para penumpang, tanpa harus memikirkan membayar retribusi. Selain itu, juga tidak akan ada lagi Angkot yang telat memperpanjang trayeknya.

Dijelaskan pula, untuk mewujudkan rencana tersebut, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, sedang menunggu keputusan dari Pemerintah Kota Sukabumi dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi terkait lainnya. Untuk itu, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal melakukan pembahasan dengan Pemerintah Kota Sukabumi dan OPD serta instansi terkait lainnya, supaya rencana tersebut dapat diwujudkan pada Tahun 2018.

Sementara sejumlah pengemudi Angkot, saat dikonfirmasi adanya rencana tersebut, menyatakan merasa gembira dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sukabumi dan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, serta kepada OPD dan instansi terkait lainnya, seraya mengharapkan, agar rencana tersebut dapat diwujudkan pada Tahun 2018. Karena dengan dihapusnya Retribusi Angkot serta Retribusi Trayek Penguji dan Trayek Terminal ini, dapat meringankan beban para pengusaha dan pengemudi Angkot.