WALIKOTA SUKABUMI TERPILIH KEMBALI MENJADI KETUA PENGCAB IPSI KOTA SUKABUMI TAHUN 2017-2021

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., terpilih kembali menjadi Ketua Pengcab IPSI (Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kota Sukabumi Masa Bhakti Tahun 2017-2021. Adapun pelantikan Ketua Pengcab IPSI Kota Sukabumi beserta seluruh jajaran pengurus lainnya, sudah dilaksanakan oleh Ketua Umum Pengda (Pengurus Daerah) IPSI Provinsi Jawa Barat, H. Daday Hudaya, S.H., M.H., tepatnya tanggal 16 Desember 2017, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Sukabumi, H. Tatang Komara, S.Sos., M.M., dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Umum Pengda IPSI Provinsi Jawa Barat, H. Daday Hudaya, S.H., M.H., dalam sambutannya menjelaskan, potensi dan prestasi Pencak Silat di Kota Sukabumi, baik jajaran pengurus maupun para pesilatnya cukup banyak dan baik. Untuk itu, Ketua Umum Pengda IPSI Provinsi Jawa Barat mengharapkan kepada seluruh jajaran Pengcab IPSI Kota Sukabumi Masa Bhakti Tahun 2017-2021, agar senantiasa berupaya optimal mempertahankan sekaligus meningkatkan potensi dan prestasi Pencak Silat di Kota Sukabumi, untuk menjaga citra Pencak Silat dan Kota Sukabumi, baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional.

Selain itu, juga agar senantiasa berupaya optimal menumbuh kembangkan kecintaan warga masyarakat Kota Sukabumi terhadap olahraga, seni dan budaya Pencak Silat, sekaligus memotivasi minat dan bakat para pesilat di Kota Sukabumi, untuk melahirkan para pesilat profesional di Kota Sukabumi, yang dapat membanggakan Kota Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat.

Sementara Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., selaku Ketua Pengcab IPSI Kota Sukabumi Masa Bhakti Tahun 2017-2021 menjelaskan, pihaknya beserta seluruh jajaran Pengcab IPSI Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal mempertahankan sekaligus meningkatkan dan mengembangkan potensi dan prestasi Pencak Silat di Kota Sukabumi, supaya Pencak Silat di Kota Sukabumi senantiasa berprestasi, baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional.

Dijelaskan pula, Pencak Silat merupakan hasil karya cipta seni budaya dan bela diri bangsa Indonesia, untuk membela, mempertahankan eksistensi dan integritas terhadap lingkungan hidup dan alam di sekitarnya, guna mencapai keselarasan hidup, Selain itu, Pencak Silat juga merupakan ajaran kerohanian dan kebatinan, serta biasanya diberikan kepada siswa yang sudah lanjut dalam menuntut ilmu Pencak Silat.

Adapun maksud dan tujuan serta sasarannya, diantaranya untuk meningkatkan budi pekerti atau keluhuran budi, serta untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pencipta, khususnya dalam melaksanakan pembangunan nasional dan mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya, berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebut mengandung makna, bahwa seni budaya dan bela diri Pencak Silat ini mengajarkan pengenalan diri, sebagai insan yang percaya terhadap adanya kekuasaan yang lebih tinggi, yakni Tuhan Yang Maha Esa.