DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI SIAP MEMFASILITASI PEMINDAHAN STASIUN KERETA API SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, siap memfasilitasi pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi, dari pusat Kota Sukabumi ke pinggir Kota Sukabumi, tepatnya ke kawasan Selakaso, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, yakni kawasan yang berdekatan dengan batas wilayah Kota Sukabumi dengan wilayah Kabupaten Sukabumi. Karena pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ke pinggir Kota Sukabumi ini, menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., dapat menunjang terhadap sistem transportasi di Kota Sukabumi, sesuai dengan perkembangan infrastruktur perhubungan beberapa tahun ke depan. Selain itu, juga sesuai dengan pembangunan infrastruktur perhubungan secara besar-besaran menuju Kota Sukabumi, oleh Pemerintah Pusat. Dengan demikian, aksesbilitas transportasi di Kota Sukabumi ke depan akan semakin terbuka dari berbagai arah.

Untuk itu, dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut, membutuhkan penyesuaian sistem transportasi di Kota Sukabumi, serta Dinas Perhubungan Kota Sukabumi siap memfasilitasinya. Dijelaskannya, rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ke kawasan Selakaso ini, akan diintegrasikan dengan terminal barang dan terminal penumpang. Adapun pertimbangan pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ke kawasan Selakaso ini, dapat meningkatkan aksesbilitas transportasi dan kendaraan yang masuk ke dalam Kota Sukabumi. Berkaitan dengan hal tersebut, keberadaan Stasiun Kereta Api Sukabumi di pusat Kota Sukabumi sebagai pusat penampungan penumpang yang akan meninggalkan dan menuju Kota Sukabumi ini, tidak mungkin bisa dipertahankan.

Dijelaskan pula, pembahasan tentang rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Kota Sukabumi dari pusat Kota Sukabumi ke kawasan Selakaso ini, muncul dalam pertemuan sekilas, antara Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dengan Menteri Perhubungan RI beberapa waktu yang lalu. Adapun acara pokok dalam pertemuan tersebut, yakni membahas perkembangan dan kesiapan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kota Sukabumi, atas pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi)  dan pembangunan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi serta pembangunan Bandara Sukabumi, yang ditargetkan selesai pada tahun 2019 dan 2020 mendatang. Sedangkan pembangunan double track Kereta Api Bogor-Sukabumi, ditargetkan harus selesai pada tahun 2019 mendatang, karena masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Sementara upaya untuk mewujudkan rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi dari pusat Kota Sukabumi ke kawasan Selakaso ini, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi sudah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI, serta mendapat respon positif dari Menteri Perhubungan RI, dan akan segera ditindaklanjuti.