PENYANDANG DISABILITAS TERIMA BANTUAN FASILITAS

Reporter : Ratna Nurseha

Walikota Sukabumi H. Mohamad Muraz, SH., MM menyerahkan bantuan bagi para penyandang disabilitas di Kota Sukabumi berupa 146 buah kursi roda, 70 buah tongkat ketiak, 54 tongkat putih, 1 buah skate board, 22 Al-Qur’an Braille digital, 35 paket makanan bergizi dan uang tunai sebesar 9 juta 820 ribu rupiah.

Bantuan tersebut diserahkan pada acara peringatan Hari Ibu yang dirangkai dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat, 22 Desember 2017.

Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi K. Wahyu, M.Kes., menjelaskan, bantuan yang disalurkan berasal dari berbagai pihak diantaranya dari Kementerian Sosial, partisipasi karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Dana CSR dari Indosat, Toyota Selamat Motor Sukabumi, Bank BJB, BNI, Baznas Kota Sukabumi, PMI, MUI, IDI, IBI, DPD PPNI, IAKMI, HAKLI, IAI, Ikatan Transformasi kota Sukabumi,  BPJS Kesehatan, Balad Sosial Repeh Rapih Dinsos serta sumbangan perorangan.

Selain mendapat bantuan fasilitas, para penyandang disabilitas juga mendapat kartu JKN-KIS dari BPJS Kesehatan yang preminya dibayarkan oleh Baznas kota Sukabumi, perekeman KTP elektronik oleh Disdukcapil Kota Sukabumi melalui program Jempol, program layanan sosial dan kesehatan berbasis perawatan keluarga bagi para lansia atau disabilitas yang sakit kerjasama dengan PPNI Kota Sukabumi.

Ditambahkan pula, untuk membantu para penyandang disabilitas daksa, Pemkot Sukabumi menandatangani kota kesepahaman dengan Balai Besar Vokasional Bina Daksa Kementerian Sosial RI dalam penyelenggaraan pendidikan dan keterampilan bagi penerima manfaat agar mereka siap untuk bekerja di perusahaan ataupun berwiraswasta mandiri.