PEMERINTAH KOTA SUKABUMI KEMBALI MERAIH REVITALISASI POSYANDU AWARD TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi kembali meraih Revitalisasi Posyandu Award Tahun 2017, untuk ke 4 kalinya secara berturut-turut, dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si., kepada Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Dra. Hj. Lilis Astri Suryanita, M.M., beserta yang lainnya, pada Peringatan Hari Ibu Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jawa Barat, tepatnya tanggal 22 Desember 2017, di Halaman Gedung Sate Bandung.

Usai menerima Revitalisasi Posyandu Award Tahun 2017, Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan keberhasilan semua pihak, yakni pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, termasuk SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), kecamatan dan kelurahan serta lembaga terkait lainnya. Adapun kriteria dan ketentuan untuk mendapat Revitalisasi Posyandu Award ini, diantaranya mengenai dukungan kebijakan dan anggaran serta gerak dan langkah Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, termasuk peran SKPD, kecamatan dan kelurahan serta lembaga terkait lainnya dan pihak CSR (Corporate Social Responsibility), dalam memajukan dan meningkatkan serta mengembangkan Posyandu.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, senantiasa memerhatikan dan berupaya optimal meningkatkan gerak dan langkah Pokjanal Posyandu, baik dalam membangun Gedung Sekretariat maupun dalam meningkatkan Anggaran Oprasional Posyandu. Selain itu juga dijelaskan, secara implementatif, gerak dan langkah Posyandu di Kota Sukabumi, ditetapkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tahun 2013-2018, serta sabagai langkah kongkrit Pemerintah Kota Sukabumi, Anggaran Posyandu di Kota Sukabumi dinaikan 60 persen.

Selanjutnya dijelaskan, Posyandu di Kota Sukabumi, sudah menjadi salah satu stimulus bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya para Kader Posyandu dan SKPD, kecamatan dan kelurahan serta lembaga terkait lainnya, dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga masyarakat, khususnya 5 kegiatan kesehatan dasar warga masyarakat, yang terdiri dari KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), KB (Keluarga Berencana), Gizi, Imunisasi dan Penanggulangan Diare. Maksud dan tujuannya, untuk mempercepat penurunan AKI (Angka Kematian Ibu) khususnya Ibu Hamil dan AKB (Angka Kematian Bayi), serta peningkatan pelayanan pendidikan melalui Pos PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Posyandu, termasuk perekonomian melalui UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtra) dan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga).