KANTOR ATR BPN KOTA SUKABUMI MENARGETKAN 30 RIBU BIDANG TANAH DI KOTA SUKABUMI MENDAPAT SERTIFIKAT GRATIS

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Kantor ATR BPN (Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional) Kota Sukabumi, A. Wajah Ganjar mengungkapkan, Kantor ATR BPN Kota Sukabumi, pada tahun 2018 menargetkan sebanyak 30 ribu bidang tanah di 33 Kelurahan yang tersebar di 7 Kecamatan se Kota Sukabumi, bisa mendapat sertifikat gratis, melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Tahun 2018, yang digulirkan oleh Kementerian ATR BPN. Diungkapkan pula, jumlah bidang tanah yang bisa mendapat sertifikat gratis pada tahun 2018 tersebut, lebih banyak apabila dibandingkan dengan tahun 2017, yakni hanya 11 ribu bidang tanah yang tersebar di 10 Kelurahan se Kota Sukabumi.

Untuk itu, Kepala Kantor ATR BPN Kota Sukabumi, menghimbau kepada setiap warga masyarakat Kota Sukabumi yang ingin mengurus sertifikat tanah gratis pada tahun 2018 melalui program tersebut, agar segera menyiapkan dokumen kepemilikan tanah dan persyaratan lainnya, karena program tersebut akan dimulai pada bulan Januari 2018, untuk dilakukan pengukuran dan pemetaan. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melakukan proses pengukuran dan pemetaan, pihak Kantor ATR BPN Kota Sukabumi, akan melakukan kerja sama dengan SMK dan yang lainnya. Dikatakannya, apabila hal tersebut sudah selesai dilakukan, akan dilanjutkan terhadap proses pemeriksaan data fisik dan yuridisnya, untuk dibuatkan sertifikatnya, serta dalam setiap per triwulannya, sertifikatnya sudah bisa diterima oleh warga masyarakat.

Dikatakan pula, program tersebut merupakan salah satu program strategis nasional, yang digulirkan langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, untuk Kementerian ATR BPN. Selain itu juga dikatakan, program tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2019 mendatang, serta seluruh bidang tanah di Kota Sukabumi diharapkan sudah terdaftar dan memiliki sertifikat. Adapun obyek bidang tanah yang menjadi target program tersebut, yakni seluruh bidang tanah yang belum memiliki sertifikat.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program tersebut, pihak Kantor ATR BPN Kota Sukabumi sudah melakukan sosialisasi ke 7 Kecamatan dan 33 Kelurahan se Kota Sukabumi, bahkan turun langsung ke setiap pelosok perkampungan di Kota Sukabumi. Selain itu, pihak Kantor ATR BPN Kota Sukabumi juga sudah meminta kepada para Camat dan Lurah se Kota Sukabumi, agar membantu melakukan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat di wilayahnya masing-masing, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program tersebut, supaya seluruh bidang tanah di Kota Sukabumi bisa terdaftar dan memiliki sertifikat.

Disamping itu, pihak Kantor ATR BPN Kota Sukabumi juga meminta kepada semua pihak, agar membantu pelaksanaan program tersebut, khususnya dalam melakukan pengawalan di lapangan di tingkat kelurahan. Karena program tersebut, bukan merupakan tugas dan tanggung jawab Kantor ATR BPN Kota Sukabumi saja, tapi merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak. Lebih jauh Kepala Kantor ATR BPN Kota Sukabumi mengatakan, pihak Kantor ATR BPN Kota Sukabumi akan melakukan inventarisasi dan verifikasi terhadap kepemilikan tanah warga masyarakat Kota Sukabumi dan aset pemerintah, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program strategis nasional ini.