DALAM SETIAP HARI DISDUKCAPIL KOTA SUKABUMI MELAYANI ANTARA 400 SAMPAI DENGAN 600 WARGA MASYARAKAT

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., dalam setiap hari, Disdukcapil Kota Sukabumi rata-rata melayani antara 400 sampai dengan 600 warga masyarakat Kota Sukabumi, yang membuat dokumen kependudukan, seperti KK (Kartu Keluarga), E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elekronik), Akta Kelahiran dan yang lainnya.

Menyinggung ketersediaan blangko E-KTP, menurut Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, dalam setiap mengajukan permohonan blangko E-KTP ke Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), Disdukcapil Kota Sukabumi hanya mendapat sebanyak 6 ribu blangko. Sedangkan idealnya harus 12 ribu blangko. Dijelaskannya, dari sebanyak 6 ribu blangko tersebut, sebanyak 2 ribu blangko sudah digunakan dan diserahkan kepada warga masyarakat. Dengan demikian, blangko E-KTP yang tersedia di Disdukcapil Kota Sukabumi, hanya tinggal 4 ribu blangko lagi. Namun setelah persediaan blangko tersebut berkurang atau hanya tinggal 1 ribu blangko lagi, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi akan segera mengajukan permohonan kembali ke Kemendagri. Maksud dan tujuannya, untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan atau keterlambatan ketersediaan blangko E-KTP di Disdukcapil Kota Sukabumi.

Selain itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar segera membuat dokumen kependudukan, khusushya KK dan E-KTP. Sebab dokumen tersebut sangat penting dimiliki oleh segenap lapisan warga masyarakat, untuk berbagai kepentingan, seperti untuk membuat Paspor, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta yang lainnya. Karena untuk membuat dokumen tersebut, tidak bisa dilakukan dengan segera. Apalagi bagi warga masyarakat yang belum melakukan perekaman data.

Dijelaskan pula, untuk menunjang kelancaran dan kemudahan warga masyarakat dalam membuat dokumen tersebut, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memberikan pelayanan, melalui Program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pelayanan Administrasi dan Pembuatan Dokumen Kependudukan. Diantaranya ke setiap Permukiman, Aki dan Nini, Sekolah, Perusahaan, Pasar, Posyandu, Panti Asuhan, Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) dan yang lainnya. Lebih jauh Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menjelaskan, untuk menunjang kelancaran dan meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat, Disdukcapil Kota Sukabumi mendapat bantuan tambahan 1 unit Mesin Pencetak E-KTP, dari Pemerintah Kota Sukabumi. Dengan demikian, Disdukcapil Kota Sukabumi saat ini memiliki 9 unit Mesin Pencetak E-KTP.