ACARA PELEPASAN TAHUN 2017 DAN PENYAMBUTAN TAHUN 2018 DI KOTA SUKABUMI BERJALAN LANCAR DAN AMAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Acara Pelepasan Tahun 2017 dan Penyambutan Tahun 2018, di Kota Sukabumi pada umumnya berjalan lancar dan aman, serta tertib, tenteram dan damai. Hal tersebut dapat terwujud, berkat keberhasilan dan kerja keras semua pihak, khususnya kesiapan dan kesigapan seluruh aparat keamanan, baik Polri dan TNI maupun Sipil, dalam melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Kota Sukabumi. Selain itu, juga berkat kesadaran segenap lapisan warga masyarakat, dalam menjaga sekaligus meningkatkan keamanan dan ketertiban, serta ketenteraman dan kedamaian di Kota Sukabumi, dengan senantiasa mematuhi dan menaati berbagai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Berkaitan dengan hal tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh aparat keamanan, yang senantiasa siap siaga dan bekerja ekstra keras melaksanakan tugas pengamanan, serta kepada segenap lapisan warga masyarakat, yang senantiasa berupaya optimal menjaga sekaligus meningkatkan keamanan dan ketertiban, serta ketenteraman dan kedamaian di Kota Sukabumi. Sebab dengan hal tersebut, situasi dan kondisi wilayah Kota Sukabumi dapat senantiasa kondusif, yakni aman, tertib, tenteram dan damai. Walikota Sukabumi mengharapkan, situasi dan kondisi tersebut, agar senantiasa dipertahankan sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan oleh semua pihak, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan berbagai bidang pembangunan, termasuk berbagai aktivitas dan mobilitas warga masyarakat, dalam berbagai hal dan bidang kehidupan.

Berdasarkan hasil pemantauan RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) 91,3 FM Kota Sukabumi dan Situs Resmi Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya hingga menjelang pukul 00.00 WIB, antusias warga masyarakat dalam menyemarakkan dan memeriahkan acara Pelepasan Tahun 2017 dan Penyambutan Tahun 2018 ini sangat tinggi. Buktinya hampir seluruh pusat keramaian di Kota Sukabumi termasuk di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi dan sekitarnya, penuh sesak dipadati oleh warga masyarakat, dari mulai anak-anak hingga remaja dan dewasa dari berbagai pelosok Kota Sukabumi dan sekitarnya, baik yang mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat maupun yang berjalan kaki.

Adapun acara Pelepasan Tahun 2017 dan Penyambutan Tahun 2018 tersebut, dilakukan melalui berbagai cara dan kreativitas, serta berbagai jenis hiburan seni tradisional dan modern, serta parade bedug perwakilan dari 33 Kelurahan yang tersebar di 7 Kecamatan se Kota Sukabumi, termasuk meniup terompet dan menyulut kembang api berbagai jenis dan ukuran, membuat suasana Kota Sukabumi menjadi semarak dan indah, karena dihiasi oleh percikan aneka warna bunga api.

Sedangkan puncak kegiatan tersebut, dilaksanakan tepat pada pukul 00.00 WIB, disertai suara gemuruh mesin dan klakson berbagai jenis kendaraan, penyulutan berbagai jenis dan ukuran kembang api, serta gemuruhnya suara bedug dan terompet, termasuk suara yel-yel warga masyarakat, yang meneriakan Selamat Tinggal Tahun 2017 dan Selamat Datang Tahun 2018, dilanjutkan iring-iringan berbagai jenis kendaraan keliling Kota Sukabumi, serta puluhan ribu warga masyarakat pejalan kaki, untuk kembali ke tempat tinggalnya masing-masing.