WALIKOTA SUKABUMI MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan selamat tahun baru 2018, kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, sekaligus mengharapkan, agar momentum pergantian tahun ini, dijadikan ajang paradigma hijrah dan introspeksi diri dalam berbagai bidang kehidupan. Baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni dari yang kurang baik menjadi baik dan dari yang baik menjadi lebih baik, dilandasi keimanan dan ketaqwaan serta akhlakul karimah atau akhlak yang mulia.

Dikatakannya, apabila dilihat dari sudut perjuangan, hijrah merupakan tonggak perjuangan yang sangat penting dan strategis, baik ditinjau dari segi militer, ekonomi dan geografi, maupun dari segi pembentukan karakter umat. Karena dengan paradigma hijrah, dapat membentuk suatu pondasi dan tatanan kehidupan warga masyarakat yang kokoh, khususnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dikatakan pula, hijrah mengandung makna yang sangat penting, khususnya dalam menentukan arah dan perjalanan hidup setiap orang. Disamping itu, secara kontekstual, hijrah berarti berpindah, untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari kondisi sebelumnya. Untuk itu, hijrah yang harus dilakukan oleh setiap orang saat ini, yakni hijrah qolbiyah atau hijrah mental dan spiritual, untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas diri dalam berbagai bidang, termasuk keimanan dan ketaqwaan serta akhlakul karimah.

Berkaitan dengan hal tersebut, Walikota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melakukan hijrah, supaya kehidupan pada masa mendatang bisa lebih baik dari kehidupan masa lalu, serta kehidupan hari ini dapat lebih baik dari kehidupan hari kemarin, dan kehidupan hari esok bisa lebih elok dari kehidupan hari ini.

Lebih jauh Walikota Sukabumi mengatakan, hijrah sangat penting dilakukan oleh seluruh lapisan warga masyarakat. Sebab dapat menunjang terhadap kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan berbagai bidang pembangunan, serta berbagai aspek kehidupan warga masyarakat ke arah yang lebih baik dan maju lagi. Selain itu, juga dapat menunjang terhadap kelancaran dan keberhasilan semua pihak, baik pemerintah maupun warga masyarakat, khususnya dalam upaya mencapai Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.