POLRES SUKABUMI KOTA MENYELENGGARAKAN APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Polres Sukabumi Kota, menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, tepatnya pada tanggal 5 Januari 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Adapun yang bertindak sebagai Pembina Apel, yakni Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., dilanjutkan pemeriksaan pasukan beserta Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, terkait kesiapan personil serta sarana dan prasarana, dalam melakukan pengamanan seluruh tahapan dan pelaksanaan Pilkada tersebut.

Sedangkan peserta apel tersebut, terdiri dari Sub Den Pom Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Polres Sukabumi Kota, Polsek se wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, Sat Reskrim, Sat Intel, Satpol PP Kota Sukabumi, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Linmas (Perlindungan Masyarakat), BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, PT PLN APJ Sukabumi, OKP (Organisasi Kepemudaan) dan KPU (Komisi Pemilhan Umum) Kota Sukabumi.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si. menandaskan, dalam melakukan pengamanan seluruh tahapan dan pelaksanaan Pilkada ini, ada beberapa strategi yang akan dilaksanakan, diantaranya pengerahan Satuan Dalmas (Pengendali Massa) Tingkat Awal, Dalmas Tingkat Lanjutan, dan pengerahan aparat keamanan di area ring satu, terutama pada saat melakukan pengamanan kemungkinan adanya unjuk rasa, akibat ketidak puasan massa pendukung salah satu Calon Pasangan Kepala Daerah, terhadap kinerja KPU dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu), serta penolakan hasil Pilkada. Sebab permasalahan tersebut, sering terjadi pada momen Pilkada. Berkaitan dengan hal tersebut, Polres Sukabumi Kota sudah menyiapkan berbagai strategi, untuk mengatasi dan melakukan pengamanannya.

Selain itu, Kapolres Sukabumi Kota juga meminta kepada segenap aparat keamanan, agar senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas pengamanan dengan baik, disertai disiplin dan tanggungjawab yang tinggi, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Maksud dan tujuannya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman, sekaligus perlindungan dan pengayoman kepada segenap lapisan warga masyarakat, khususnya dalam mengikuti seluruh tahapan dan pelaksanaan Pilkada tersebut.