KPU KOTA SUKABUMI SUDAH MEMBUKA PENDAFTARAN BALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, sudah membuka pendaftaran Balon (Bakal Calon) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yang akan mengikuti Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, tepatnya pada hari Senin, 8 Januari 2018. Namun hingga min 1 pendaftaran, menurut Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara, baru ada satu surat pemberitahuan dari Bakal Paslon (Pasangan Calon) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yang akan mendaftar ke KPU. Itu pun bukan untuk hari pertama pendaftaran, tapi untuk tanggal 10 Januari 2018 sekitar pukul 16.00 WIB. Adapun Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang sudah mengirim surat tersebut, yakni Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang diusung oleh Partai Demokrat dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera).

Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi menandaskan, setiap Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang akan mendaftar ke KPU, sehari sebelumnya harus mengirim surat pemberitahuan terlebih dahulu. Maksud dan tujuannya, supaya KPU bisa menyiapkan berbagai hal yang diperlukan, sehingga pada saat Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi mendaftar ke KPU, semuanya sudah disiapkan secara matang.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pendaftaran Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, KPU Kota Sukabumi sudah melakukan simulasi, untuk memastikan kesiapan jajaran KPU pada saat menerima pendaftaran, dari mulai lay out ruangan dan penyambutan kepada Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, hingga prosesi seni, proses pendaftaran dan konferensi persnya. Dikatakannya, secara mekanisme, pendaftaran subtansinya lebih dititikberatkan pada berbagai pemenuhan kelengkapan persyaratan Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, seperti pengisian model B KWK, yang teridiri dari B1 KWK menyangkut Keputusan Parpol (Partai Politik) di Tingkat Pusat terkait Penunjukkan Paslon, B2 KWK yakni Kesepakatan Parpol dalam Mengusung Paslon, B3 KWK terkait Kesepakatan Antar Parpol dan Paslon, serta B4 KWK yakni Surat Pernyataan, bahwa visi dan misi Paslon sesuai dengan RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, pada saat mendaftar, Bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, selain harus dihadiri oleh Pengurus Parpol di Tingkat Kota Sukabumi, juga harus melampirkan SK (Surat Keputusan) Kepengurusan Parpol di Tingkat Kota Sukabumi. Karena KPU Kota Sukabumi akan melakukan sinkronisasi terhadap susunan kepengurusannya, untuk mengecek apakah ada perubahan susunan kepengurusannya atau tidak.