SATLANTAS POLRES KOTA SUKABUMI MELAYANI PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN SIM SECARA ONLINE

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sejak tanggal 8 Januari 2018, Satlantas (Satuan Lalulintas) Polres Kota Sukabumi melayani pembuatan dan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi) secara online, termasuk urusan tilang. Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Agoeng Ramadhani menjelaskan, pembuatan dan perpanjangan SIM secara online ini, berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Satlantas Polres Kota Sukabumi juga sudah menempati dan mengefektifkan penggunaan gedung baru Satlantas Polres Kota Sukabumi, tepatnya di Asrama Polisi Degung, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jalan K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat, dalam pembuatan dan perpanjangan SIM serta urusan tilang.

Dijelaskan pula, pada hari pertama pembuatan dan perpanjangan SIM secara online, Satlantas Polres Kota Sukabumi sedikitnya melayani 150 orang yang membuat dan memperpanjang SIM secara online. Selanjutnya dijelaskan, sejak tanggal 8 Januari 2018, warga masyarakat dari luar wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, bisa membuat dan memperpanjang SIM di Satlantas Polres Kota Sukabumi, dengan melampirkan E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) asli dan foto copynya, serta harus melampirkan Surat Keterangan Kesehatan dari dokter, bagi para pemohon SIM baru. Demikian pula bagi warga masyarakat yang berdomisili di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, bisa membuat dan memperpanjang SIM di luar Satlantas Polres Kota Sukabumi.

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota mengatakan, untuk menghindari dan memerangi praktik percaloan dalam pembuatan dan perpanjangan SIM khususnya di Satlantas Polres Kota Sukabumi, sejak tanggal 8 Januari 2018 sudah diterapkan sistem satu pemohon satu identitas, serta kamera CCTV di seluruh sudut gedung Satlantas Polres Kota Sukabumi. Adapun fasilitas lainnya yang ada di gedung baru Satlantas Polres Kota Sukabumi ini, diantaranya pojok baca yang menyediakan beberapa buku, serta kopi dan teh secara gratis, termasuk 2 unit komputer dan akses internet gratis tak terbatas. Dengan demikian, bagi warga masyarakat yang menunggu pelayanan pembuatan atau perpanjangan SIM, bisa melanjutkan dan menyelesaikan pekerjaannya.