SEBANYAK 3 ZONA KSDP KOTA SUKABUMI MASUK DALAM RIPARDA KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang Pariwisata Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan, S.T., M.T. menandaskan, sebanyak 3 zona KSDP (Kawasan Strategis Destinasi Pariwisata) Kota Sukabumi masuk dalam Riparda (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan) Kota Sukabumi, supaya menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Sukabumi. Adapun ke 3 zona KSDP Kota Sukabumi yang masuk dalam Riparda Kota Sukabumi ini, antara lain zona 1 meliputi Jalan Siliwangi, Jalan Ir. H. Djuanda dan Jalan Suryakencana, zona 2 meliputi Jalan Kaswari, Jalan Kenari dan Jalan Bhayangkara, serta zona 3 meliputi KCA (Kawasan Agroeduwisata Cikundul) dan Pemandian Air Panas Cikundul. Sedangkan tema pengembangan zona 1 yakni wisata kreatif, dengan sasaran pengembangan kuliner dan fesyen, zona 2 wisata kreatif dan cagar budaya, dengan sasaran pengembangan kuliner, fesyen dan bangunan heritage, serta zona 3 wisata alam, dengan sasaran pengembangan produksi, edukasi, konservasi, wisata berbasis pertanian dan wisata berbasis SDA (Sumber Daya Alam).

Selain itu juga ditandaskan, ke 3 zona KSDP Kota Sukabumi ini, menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal dan wisatawan nusantara mauoun wisatawan manca negara. Buktinya pada tahun 2017 yang lalu, tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Sukabumi cukup tinggi, yakni mencapai 10.000 orang. Dikatakan pula, selain akan mengembangkan ke 3 zona KSDP Kota Sukabumi tersebut, Taman Hutan Kota Cikundul dan TPSA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) Cikundul di bawah pengelolaan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi pun, saat ini sudah mulai dikembangkan sebagai tempat wisata edukasi. Kemudian Gedung Kesenian Kota Sukabumi di bawah pengelolaan Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi serta Ruangan Ekspresi GWK (Gedung Widaria Kencana) di bawah pengelolaan pribadi, tepatnya di wilayah Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong.

Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kota Sukabumi menjelaskan, bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Sukabumi yang suka melakukan Arung Jeram atau Rafting, bisa dilakukan di Sungai Cimandiri, dan tubing atau meluncur bebas diatas permukaan sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban dalam mobil, bisa dilakukan di Sungai Cimandiri, Sungai Cipelang dan Sungai Cigunung. Disamping itu, di Kota Sukabumi juga banyak kerajian tangan yang bisa dikembangkan, seperti kerajinan bambu dan lukisan pelepah pisang, serta kuliner khas daerah, seperti opak, enye, bandrek, bajigur, juice buah naga, manisan dan rempang pala, serta susu murni dan yang lainnya. Lebih jauh Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kota Sukabumi menjelaskan, dengan banyaknya potensi obyek wisata di Kota Sukabumi, akan menjadi ikon Kota Sukabumi, serta akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Sukabumi.