PEMBEBASAN LAHAN UNTUK PEMBANGUNAN JALAN TOL BOCIMI BUKAN KEWENANGAN DPU-PRP-KPP KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala DPU-PRP-KPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Sukabumi, Dr. Ir. H. Asep Irawan, M.Sc. menjelaskan, pembebasan dan pengukuran lahan untuk pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang akan melintasi 3 wilayah Kelurahan di Kota Sukabumi, yakni Kelurahan Karangtengan dan Kelurahan Karamat Kecamatan Gunungpuyuh serta Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole, bukan kewenangan DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi.

Karena DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi hanya sebatas melakukan koordinasi dengan pihak BPJT (Badan Pengelola Jalan Tol) Bocimi, yakni dengan pihak developer Waskita Toll dan Trans Jabar Toll. Adapun koordinasi kepada pihak BPJT Bocimi tersebut, akan dilakukan setelah proses pembebasan dan pengukuran lahan selesai. Sebab pembangunan jalan tol tersebut, merupakan program Pemerintah Pusat. Dijelaskan pula, pihaknya beserta Walikota Sukabumi, sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Propinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat, untuk mempercepat proses pembangunan Jalan Tol Bocimi, serta jalan interchange atau jalur masuk dan keluarnya di Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, belum lama ini timnya sudah melakukan rapat bersama dengan seluruh unsur SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan instansi terkait, termasuk Kantor ATR BPN (Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional) Kota Sukabumi, bertempat di Ruangan Pertemuan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, membahasa tentang pembangunan Jalan Tol Bocimi. Namun untuk jalur masuk dan keluar Tol Bocimi di Kota Sukabumi, belum ditentukan. Karena belum ditentukan lahan yang akan dilintasi oleh pembangunan jalan tol tersebut di Kota Sukabumi. Oleh karenanya, DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi belum melakukan kordinasi dengan pihak BPJT Bocimi.

Kepala DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi mengatakan, apabila proses pembebasan dan pengukuran lahan di wilayah Kota Sukabumi untuk pembangunan jalan tol tersebut sudah selesai, DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi akan segera melakukan kordinasi dengan pihak BPJT Bocimi. Diharapkannya, proses pembebasan dan pengukuran lahan serta pembangunan Jalan Tol Bocimi di wilayah Kota Sukabumi, dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan harapan semua pihak. Karena apabila pembangunan jalan tersebut sudah selesai dan digunakan, dapat mempermudah akses dan mengatasi kemacetan, serta dapat memperlancar transportasi dan perekonomian warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya.