RSUD AL-MULK KOTA SUKABUMI MEMBERI PELAYANAN GRATIS KEPADA WARGA MASYARAKAT KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) AL-Mulk Kota Sukabumi, memberi pelayanan kesehatan gratis kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, hanya cukup dengan menunjukkan E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) dan KK (Kartu Keluarga), tanpa mengesampingkan pelayanan kesehatan untuk warga masyarakat dari luar Kota Sukabumi. Untuk itu, RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi ini, didirikan berdasarkan Perwal (Peraturan Walikota) Sukabumi Nomor 24 Tahun 2014, dengan Nomor Izin Penyelenggaraan Rumah Sakit : 440/8/SIP-RS/BPMPT/XI/201, yakni sebagai RSUD Type D Pratama, dan diresmikan pada tanggal 15 Januari 2015 yang lalu. Hal tersebut disampaikan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., saat memberi sambutan pada Tasyakur Bi Nikmat Peringatan Ke 3 Tahun RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi, yang dilaksanakan di RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Kepala RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi, Kepala Bank BJB Cabang Sukabumi dan para tamu undangan lainnya.

Dijelaskannya, RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi ini, senantiasa berupaya optimal memberikan informasi dan pelayanan kesehatan, sesuai dengan standar pelayanan medik, sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, cepat, tepat, akurat dan efisien. Dijelaskan pula, dalam usianya yang ke 3 tahun, RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi, terus berupaya optimal memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, kepada segenap warga masyarakat Kota Sukabumi  dan sekitarnya. Bahkan beberapa penghargaan bergengsi sudah didapatkan oleh RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi, diantaranya Penghargaan Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, menyisihkan 3.054 Inovasi Pelayanan Publik lainnya, termasuk yang dilakukan oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota se Indonesia. Penghargaan tersebut diraih, atas terobosan sistem layanan kesehatan gratis, melalui Program CETEK (Cukup E-KTP dan Kartu Keluarga) bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, di  RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi.

Walikota Sukabumi mengharapkan, terobosan inovasi dan pelayanan terbaik yang dilakukan oleh RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi ini, agar senantiasa dijaga serta ditingkatkan dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, kendati sudah berganti kepemimpinan di Kota Sukabumi. Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Kepala RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi dan Kepala Bank BJB Cabang Sukabumi, sempat menjenguk dan berbincang-bincang dengan sejumlah pasien yang dirawat di RSUD AL-Mulk Kota Sukabumi.