PARA PELAKU UMKM AGAR MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK TERMASUK DESAIN DAN KEMASANNYA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., mengharapkan kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan kualitas produk termasuk desain dan kemasannya, supaya memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga dalam melakukan pemasarannya tidak hanya dilakukan secara konvensional atau bersifat kebiasaan saja, akan tetapi juga dapat dilakukan secara online.

Harapan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi  Pengembangan Kapasitas Usaha bagi Kelompok Usaha Perajin Kue dan Snack, yang diselenggarakan PT PNM (Permodalan Nasional Madani), bekerja sama dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 15 Januari 2018, di Ruangan Pertemuan Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi, ditandai dengan Pemukulan Gong. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi yang juga Ketua Dekranasda Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, S.E., jajaran PT PNM serta para tamu undangan lainnya.

Wakil Walikota Sukabumi juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya Pengembangan Kapasitas Usaha bagi Kelompok Usaha Perajin Kue dan Snack di Kota Sukabumi ini, dapat membantu terhadap peningkatan kualitas produk termasuk desain dan kemasan serta permodalannya, supaya para pelaku usaha mikro ini dapat meningkatkan produk serta penghasilan dan kesejahteraannya.

Wakil Walikota Sukabumi menandaskan, UMKM merupakan salah satu kartu pengaman ketika terjadi krisis ekonomi, serta menjadi salah satu indikator penggerakan ekonomi di Indonesia. Selain itu, UMKM ini sifatnya sederhana, karena produksinya merupakan produksi rumahan. Ditandaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal mendorong sekaligus meningkatkan dan mengembangkan UMKM di Kota Sukabumi, diantaranya melalui pelatihan serta memfasilitasi kegiatan pameran dan bazar secara rutin. Maksud dan tujuannya, agar para pelaku UMKM di Kota Sukabumi, dapat meningkatkan dan mengembangkan produknya masing-masing, serta dapat lebih dikenal dan disukai oleh warga masyarakat, baik dari dalam maupun dari luar wilayah Kota Sukabumi. Dengan demikian, pendapatan dan kesejahteraan para pelaku UMKM di Kota Sukabumi ini dapat meningkat, sesuai dengan harapan semua pihak.