Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Membuka Rapat Program E-Lapor Dan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., secara resmi membuka Rapat Program e-Lapor dan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, untuk Perbaikan Pelayanan Publik di Kota Sukabumi, tepatnya hari Selasa, 24 Januari 2017, di Operation Room Setda Kota Sukabumi. Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, menyatakan sangat menyambut baik dengan adanya penerapan program e-Lapor di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Sebab selama ini, berbagai keluhan warga masyarakat Kota Sukabumi, sering disampaikan melalui Medsos (Media Sosial).

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi berharap kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar bersama-sama menggunakan program e-Lapor ini, di samping menggunakan Medsos. Karena Medsos juga harus tetap aktif. Selain itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga menghimbau kepada seluruh PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa memberikan berbagai informasi yang benar dan akurat, serta bermanfaat bagi semua pihak, baik bagi pemerintah maupun bagi warga masyarakat.

Ditandaskannya, dengan adanya program e-Lapor ini, pasti banyak laporan dari berbagai pihak, baik yang positif maupun yang negatif, untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani secara obyektif dan bijak, sekaligus diberikan informasi dan solusinya yang benar dan akurat, supaya bisa mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan bagi semua pihak, baik bagi pemerintah maupun bagi warga masyarakat. Untuk itu, seluruh PNS di setiap OPD dan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, harus senantiasa berupaya optimal meningkatkan pengetahuan dan wawasan, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) serta bidang masing-masing, untuk memberikan informasi dan solusi yang benar dan akurat kepada warga masyarakat.

Sementara Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. G.M. Sukarman, M.Pd. menjelaskan, program e-Lapor ini merupakan salah satu program yang sudah dilaksanakan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Namun hingga saat ini, baru ada 5 Kabupaten dan Kota se Indonesia, yang sudah menerapkan program e-Lapor ini. Dijelaskan pula, program e-Lapor ini menjadi salah satu program unggulan di Indonesia. Karena berbagai keluhan warga masyarakat bisa ditampung, serta harus diberikan informasi dan solusinya yang benar dan akurat. Hal ini sangat penting dilakukan, untuk memberilan sekaligus meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat.