ADA 8 POIN PENTING YANG HARUS DILAKUKAN PADA SAAT TERJADI HUJAN LEBAT DAN ANGIN KENCANG

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Sandra Utama Teguh, S.Kom., M.M. menjelaskan, ada 8 poin penting yang harus dilakukan oleh warga masyarakat pada saat terjadi hujan lebat dan angin kencang. Antara lain, berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar senantiasa memberi perlindungan dan keselamatan, tetap tenang dan waspada, tidak keluar rumah apabila tidak benar-benar penting, serta tidak berlindung di bawah pohon, bangunan semi permanen dan baligho.

Selanjutnya menyediakan obat-obatan pribadi, makanan ringan, korek api dan lilin atau power bank untuk menjaga apabila listrik padam, mencari informasi yang valid tentang kondisi cuaca terkini, dan tidak terpancing oleh informasi atau isu-isu yang tidak dapat dipertanggung-jawabkan.

Dijelaskan pula, BPBD Kota Sukabumi sejak beberapa waktu yang lalu sudah memberlakukan status siaga bencana di Kota Sukabumi untuk 2 potensi bencana, yakni bencana banjir dan tanah longsor. Untuk itu, Sekretaris BPBD Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, terutama yang tinggal di pemukiman dekat tebing dan sungai, agar waspada dan melakukan tindakan penyelamatan pada saat terjadi hujan lebat.

Selain itu, apabila terjadi banjir agar segera mematikan aliran listrik di dalam rumah atau segera menghubungi petugas PLN untuk mematikan aliran listrik, mengamankan berbagai barang berharga dan mengungsi sedini mungkin ke tempat yang lebih aman. Namun pada saat mengungsi, pemilik rumah harus dapat memastikan, bahwa rumah yang ditinggalkannya dalam keadaan aman. Maksud dan tujuannya, untuk menghindari berbagai hal dan kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak.

Sekretaris BPBD Kota Sukabumi juga menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, apabila terjadi bencana di wilayahnya, agar segera melaporkannya kepada aparat berwenang terdekat, atau langsung menghubungi BPBD Kota Sukabumi, melalui Layanan Telepon Gratis Nomor 0266 222155 atau 0266 6244334 dan berlaku selama 1 kali 24 jam.

Dikatakannya, menurut prediksi dan informasi dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), bahwa sebagian besar wilayah Propinsi Jawa Barat termasuk wilayah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi akan terus diguyur hujan. Hal tersebut diakibatkan oleh Siklon Tropis Dahlia yang mendekati Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Disamping itu. Awan Cumulonimbus masih menyelimuti wilayah Kota Sukabumi serta Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya.