WALIKOTA SUKABUMI BERDIALOG DENGAN PARA PEDAGANG DI SEKITAR EKS PASAR PELITA KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., serta para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi terkait, melakukan silaturahmi dan berdialog dengan para pedagang di sekitar eks Pasar Pelita Kota Sukabumi, terkait relokasi tempat jualan, tepatnya tanggal 22 Januari 2018. Karena di eks pasar tersebut sedang dibangun Pasar Tradisional Semi Modern Kota Sukabumi, serta pengembang pembangunan pasar tersebut, dalam minggu ini akan memasang 3 buah crane atau alat berat untuk mengangkat material bangunan.

Walikota Sukabumi menjelaskan, proses pembangunan pasar tersebut, sampai saat ini baru mencapai 12,5 persen, dan diharapkan selesai secara keseluruhan pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Untuk itu, Walikota Sukabumi memohon doa dan dukungan kepada seluruh lapisan warga masyarakat dan para pedagang eks Pasar Pelita Kota Sukabumi, supaya proses pengerjaan proyek pembangunan pasar tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan. Selain itu, seluruh lapisan warga masyarakat dan para pedagang eks Pasar Pelita Kota Sukabumi, agar turut serta mengawal terhadap proses pengerjaan proyek pembangunan pasar tersebut.

Dikatakannya, keberadaan Pusat Perdagangan Pasar Tradisional Semi Modern Kota Sukabumi ini sangat strategis, serta akan menjadi pendongkrak dan penggerak perekonomian warga masyarakat Kota Sukabumi. Dikatakan pula, dibangunannya pasar tersebut, sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Sukabumi, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, baik bagi para pedagang maupun bagi para pengunjung pasar tersebut, sekaligus melakukan penataan Pusat Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi, serta lebih tertib, nyaman dan asri. Karena seluruh PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di atas trotoar dan bahu jalan di sekitar eks Pasar Pelita Kota Sukabumi ini, akan ditampung di Pasar Tradisional Semi Modern Kota Sukabumi.

Sementara para pedagang di sekitar eks Pasar Pelita Kota Sukabumi yang berjumlah 486 orang ini, sepakat untuk direlokasi ke tempat yang telah disepakati bersama. Diantaranya ke Pasar Penampungan Tipar Gede, di sekitar Pasar Ciwangi dan eks Terminal Bus Sudirman. Selain itu, para padagang juga bersedia segera pindah ke tempat yang telah disepakati bersama, dengan syarat ke 3 buah crane tersebut sudah dipasang.