DISPORAPAR KOTA SUKABUMI AKAN MENYELEKSI PEMUDA PELOPOR TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, pada bulan Februari 2018 akan menyeleksi Pemuda Pelopor Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018. Adapun maksud dan tujuannya, menurut Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kota Sukabumi, Drs. Mimbar Solihin, M.Si., sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Sukabumi sebagai KLP (Kota Layak Pemuda).

Dijelaskannya, dalam seleksi tersebut, ada 5 bidang yang dijadikan kepeloporan pemuda. Antara lain bidang pendidikan, ketahanan pangan, lingkungan hidup, komunikasi dan informasi, serta bidang teknologi tepat guna. Selain itu juga dijelaskan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan seleksi tersebut, seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait akan dilibatkan. Sebab dalam pelaksanaan seleksi tersebut, berbeda dengan pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya.

Disamping itu, bagi para pemuda yang terpilih menjadi Pemuda Pelopor Kota Sukabumi, diharapkan dapat difasilitasi oleh SKPD serta instansi dan lembaga terkait masing-masing. Untuk itu, setelah terpilih Pemuda Pelopor Tingkat Kota Sukabumi, pihak Disporapar Kota Sukabumi akan berkoordinasi dengan SKPD serta instansi dan lembaga terkait masing-masing, supaya dapat memfasilitasinya. Diharapkannya, rencana tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kota Sukabumi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan 33 kelurahan yang tersebar di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi, agar mengirimkan utusan pemuda pelopor dari kelurahannya masing-masing. Dikatakan pula, dalam pelaksanaan seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018 ini, Disporapar Kota Sukabumi  menargetkan ada Pemuda Pelopor Kota Sukabumi yang menjadi Pemuda Pelopor Unggulan di Tingkat Propinsi Jawa Barat bahkan di Tingkat Nasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Disporapar Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal melakukan pembinaan dan memfasilitasi Pemuda Pelopor Tingkat Kota Sukabumi. Karena pada tahun yang lalu, Pemuda Pelopor Kota Sukabumi belum beruntung terpilih menjadi Pemuda Pelopor Unggulan di Tingkat Propinsi Jawa Barat. Selain itu, Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kota Sukabumi, mengajak kepada para pemuda di Kota Sukabumi khususnya yang memiliki keakhlian dalam bidang pendidikan, ketahanan pangan, lingkungan hidup, komunikasi dan informasi, serta bidang teknologi tepat guna, agar berpartisipasi mengikuti seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018, yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2018.