Akan Berupaya Optimal Mendorong Seluruh Smp Dan Mts Di Kota Sukabumi Untuk Melaksanakan Unbk

Reporter : ENDANG SUMARDI

Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, akan terus berupaya optimal mendorong seluruh SMP dan MTs di Kota Sukabumi, untuk melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, pihaknya beserta jajarannya, saat ini sedang melakukan berbagai persiapan, diantaranya pelatihan dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) RI, serta PT Telkom dan yang lainnya, untuk membantu para siswa dalam melaksanakan UNBK, yang akan diselenggaran dalam tahun 2017 ini, tepatnya pada bulan Mei 2017 mendatang. Dijelaskan pula, UNBK tidak mudah dilaksanakan, karena harus didukung dengan fasilitas computer, server dan yang lainnya. Namun untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan UNBK ini, sejumlah SMP, SMA dan SMK di Kota Sukabumi yang sudah memiliki fasilitas UNBK, akan membantu secara optimal, supaya seluruh SMP di Kota Sukabumi dapat melaksanakan UNBK.

Sementara Pelaksana Subbag Perencanaan dan Program Dinas P dan K Kota Sukabumi, Deni Abdul Hakim menjelaskan, persiapan UNBK harus dimulai dari sekarang secara optimal, bersama seluruh sekolah yang akan membantu pelaksanaan UNBK di Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, kendati dalam tahun ini di Kota Sukabumi ada sekolah yang tidak melaksanakan UNBK atau UN Berbasis Kertas, namun seluruhnya siswanya harus tetap mendaftar UN terlebih dahulu. Selain itu juga dijelaskan, ada 3 hal yang sering salah dalam pendataan UN, yakni nama siswa, tanggal lahir dan nama orang tua. Ke 3 hal tersebut harus mendapat perhatian secara serius, khususnya oleh para siswa, yakni disesuaikan dengan Akta Kelahiran Siswa masing-masing.

Sedangkan mengenai soal UNBK, akan dikirim langsung dari server pusat secara online, melalui jaringan ke server lokal sekolah masing-masing, serta pelaksanaan UNBK-nya akan dilayani oleh server lokal sekolah masing-masing secara online, dan hasil jawaban UNBK setiap siswa akan langsung dikirim ke server pusat. Adapun Pendataan UN SD dan MI serta SMP dan MTs Tahun Pelajaran 2016-2017, file yang digunakan berupa DZ, dari Dapodik (Data Pokok Pendidikan) sekolah masing-masing. Untuk itu, seluruh Koordinator Operator UNBK, bertanggungjawab dengan data yang diupload, serta harus senantiasa berkoordinasi dengan Koordinator UNBK Dinas P dan K Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk menjaga berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak.