PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH MENETAPKAN PERDA TENTANG APBD KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. mengungkapkan, Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan DPRD Kota Sukabumi, beberapa waktu yang lalu sudah menetapkan Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi tentang APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018, dilanjutkan dengan penelaahan dan asistensi DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) untuk seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Berkaitan dengan hal tersebut, Walikota Sukabumi mengingatkan kepada para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar benar-benar memahami arah kegiatan yang akan dilaksanakan. Selain itu, para Kepala SKPD juga harus dapat memastikan, bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan berkorelasi dengan pencapaian target yang telah ditetapkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi.

Yang tidak kalah penting, para Kepala SKPD juga harus dapat memastikan dengan benar manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan, serta menjalankan prinsip pengelolaan anggaran dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh agenda kegiatan yang akan laksanakan pada tahun 2018 ini, dapat dilaksanakan dengan baik dan berjaian lancar. Untuk itu, Walikota Sukabumi menginstruksikan kepada para Kepala SKPD beserta seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar segera melaksanakan kegiatan di SKPD-nya masing-masing. Dikatakannya, apabila ada kegiatan pengadaan barang dan jasa, agar segera disiapkan dokumen lelangnya dan segera diumumkan kepada publik, supaya setiap SKPD memiliki waktu yang cukup dalam pelaksanaan kegiatannya, serta tidak terkonsentrasi pada akhlr tahun anggaran.

Disamping itu, Walikota Sukabumi juga menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD beserta jajarannya, agar dalam mengawali tahun 2018 ini, menguatkan kembali visi dan misi, khususnya dalam menjalankan roda pemerintahan. Karena tahun 2018 ini merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018. Untuk itu, seluruh SKPD harus dapat memastikan, bahwa seluruh janji politik selama 5 tahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, dapat direalisasikan dengan baik. Selain itu, Walikota Sukabumi meminta kepada seluruh SKPD, agar beberapa target yang belum dicapai dengan baik, dalam jangka waktu 4 bulan ke depan supaya dapat diselesaikan dan disempurnakan secara optimal.