PT PNM CABANG SUKABUMI AKAN MENYALURKAN BANTUAN PERMODALAN SEBESAR RP. 80 MILYAR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Setelah PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Sukabumi bekerja sama dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Sukabumi melakukan PKU (Pengembangan Kapasitas Usaha) bagi KUP (Kelompok Usaha Perajin) Kue dan Snack di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 15 Januari 2018, di Ruangan Pertemuan Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi, pada tahun 2018 ini, PT PNM Cabang Sukabumi menargetkan akan menyalurkan bantuan permodalan sebesar Rp. 80 milyar, untuk para pelaku UMKM di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, atau mengalami kenaikan sebesar 20 persen dari tahun 2017.

Adapun maksud dan tujuannya, menurut Pimpinan PT PNM Cabang Sukabumi, M. Tahir Ashary, untuk membantu sekaligus meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat khususnya para pelaku UMKM di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Karena PT PNM ini merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan BNI (Bank Negara Indonesia), yang bergerak dalam bidang ekonomi kerakyatan, melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada para pelaku UMKM. Sedangkan dalam penyaluran bantuan permodalan tersebut, pihak PT PNM Cabang Sukabumi akan melibatkan ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro).

Pimpinan PT PNM Cabang Sukabumi menjelaskan, adanya kenaikan penyaluran bantuan permodalan tersebut, karena perekonomian di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Apalagi ke depan, Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi akan memiliki Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) hingga tersambung ke Cianjur dan Padalarang. Sebab dengan adanya Jalan Tol tersebut, akan berdampak secara positif pada petumbuhan ekonomi warga masyarakat, khususnya di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Dijelaskan pula, PT PNM melalui PKU, memberikan pendampingan dan pelatihan usaha bagi para pelaku UMKM, sesuai dengan kebutuhan, peluang dan tantangan yang dihadapi. Salah satunya melalui program klasterisasi, yang dibentuk berdasarkan kesamaan wilayah dan jenis usaha. Selain itu juga dijelaskan, PT PNM Cabang Sukabumi ini sudah ada sejak tahun 2008 yang lalu, dengan Kantor Pusat di Menara Taspen atau di Gedung Arthaloka, Jalan Jendral Sudirman Jakarta, serta didukung oleh 7 Kantor ULaMM, yang terdiri dari ULaMM Pelita, Cisaat, Cibadak, Cicurug, Warungkondang, Sadewata dan ULaMM Ciranjang, untuk mendorong peningkatan dan perkembangan perekonomion dan kesejahteraan warga masyarakat khususnya para pelaku UMKM di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.