DINAS SOSIAL KOTA SUKABUMI SEDANG MELAKUKAN VERIFIKASI KEMBALI TERHADAP 14.220 KPM BPNT TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Dinas Sosial Kota Sukabumi, sedang melakukan verifikasi kembali terhadap 14.220 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Tahun 2018, yang tersebar di 33 kelurahan dan 7 kecamatan se Kota Sukabumi, sesuai dengan SK (Surat Keputusan) Kemensos (Kementerian Sosial) RI. Karena data KPM BPNT tersebut, seperti diungkapkan PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M., sudah ditetapkan pada 2015 yang lalu. Untuk itu, Dinas Sosial Kota Sukabumi melalukan verifikasi dan validasi ulang terhadap data tersebut, karena takut ada KPM BPNT yang sudah meninggal dunia.

Dikatakannya, bagi KPM BPNT yang sudah meninggal dunia, Dinas Sosial Kota Sukabumi akan mengusulkan kepada Kemensos, agar KPM BPNT-nya dapat diserahkan kepada ahli waris atau keluarganya. Sedangkan bagi KPM BPNT yang pindah alamat ke luar Kota Sukabumi, pihak kelurahan KPM BPNT tersebut, harus segera mengusulkan penggantinya, kepada Dinas Sosial Kota Sukabumi, untuk diusulkan kembali kepada Kemensos. Dengan demikian, KPM BPNT tersebut jumlahnya akan tetap 14.220 KPM BPNT se Kota Sukabumi, sesuai dengan SK Kemensos.

Adapun upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan BPNT Tahun 2018 di Jawa Barat, seluruh Kepala Dinas Sosial Kota dan Kabupaten se Jawa Barat, sudah mengikuti rapat membahas Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk Teknis) tentang penerapan dan pelaksanaan program tersebut, tepatnya tanggal 23 Januari 2018, di BI (Bank Indonesia) Bandung.

Menyinggung waktu penyaluran BPNT Tahun 2018 kepada KPM, seperti dikatakan PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada informasi yang pasti. Dijelaskannya, apabla BNI (Bank Negara Indonesia) sudah mentransfer dana BPNT dan ada surat dari Kemensos tentang waktu penyaluran BPNT, pihaknya akan segera dan langsung bergerak melaksanakan dan menyalurkan BPNT kepada KPM se Kota Sukabumi.

Sedangkan besaran BPNT untuk setiap KPM, yakni Rp. 110.000,00 per bulan, untuk membeli kebutuhan pokok, seperti beras, telur dan minyak goreng, di Agen E-Warong (Warung Gotong Royong Elektronik) terdekat. Adapun waktu pengambilannya, para KPM tidak perlu terpatok pada waktu penerimaannya. Karena para KPM bisa mengambilnya sesuai dengan waktu yang diinginkan.

PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi mengharapkan, program BPNT Tahun 2018, di Kota Sukabumi dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak, sehingga ke 14.220 KPM BPNT se Kota Sukabumi dapat dilayani dengan baik dan optimal oleh para Agen E-Warong se Kota Sukabumi. Dikatakannya, apabila ada kendala di lapangan dalam pengambilan BPNT, KPM agar segera lapor ke UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pandu Gempita (Pelayanan Terpadu Gerakan Masyarakat Peduli Kota Sejahtera) Dinas Sosial Kota Sukabumi, tepatnya di dekat Kantor Kelurahan Cikole, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.