SELURUH MEDIA DI KOTA SUKABUMI AGAR MEMBANTU MENJAGA KONDUSIFITAS PILKADA SERENTAK TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menghimbau kepada seluruh media di Kota Sukabumi, agar membantu menjaga kondusifitas Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 di Kota Sukabumi, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya tidak ada gesekan dan semua calon bisa bekerja sama dengan baik.

Himbauan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan dalam sambutan saat membuka secara resmi Mubes (Musyawarah Besar) SJF (Sukabumi Journalist Forum), tepatnya tanggal 27 Januari 2018, di Hotel Tamansari Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, dan para tamu undangan lainnya.

Dijelaskannya, media sangat berpengaruh terhadap masyarakat. Untuk itu, kerja sama yang baik dengan media, dapat menjaga kondusifitas Pilkada, yakni aman, tenang, tenteram dan damai, karena didorong dengan berita yang positif. Dijelaskan pula, amannya proses Pilkada Tahun 2015 yang lalu di Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu contoh terjalinnya kerja sama yang baik dengan media, serta tidak sampai ke MK (Mahkamah Konstitusi).

Berkaitan dengan hal tersebut, Walikota Sukabumi mengharapkan, agar peran serta media di Kota Sukabumi, bisa berdampak positif pada Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kota Sukabumi. Sehingga proses Pilkada tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta aman, tenang, tenteram dan damai, serta tidak sampai ke MK dan semua calon bisa legowo menerima hasilnya.

Dikatakannya, peranan media sesungguhnya sudah menjadi salah satu pilar, sekaligus memainkan peranan yang amat penting, khususnya dalam menggulirkan reformasi, melalui pencerdasan masyarakat dan penyampaian informasi yang positif. Fenomena ini merupakan peluang bagi pemerintah daerah, untuk menjalin kemitraan yang konstruktif dengan media.

Hal tersebut didasarkan pada pemahaman, bahwa pada umumnya media dapat memotivasi masyarakat ke dalam kehidupan yang lebih demokratis, serta dapat mendorong pemerintah untuk bersikap lebih terbuka, partisipatif dan akomodatif, khususnya dalam merumuskan berbagai kebijakan.

Selain itu, masyarakat juga membutuhkan keamanan, ketenangan dan kedamaian, serta suasana kehidupan yang lebih baik. Untuk itu, berita-bertita yang disajikan di berbagai media di Kota Sukabumi, diharapkan mengandung motif-motif yang baik, serta dapat membentuk peta kognitif tentang dunia yang lebih baik.