Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi Membuka Pembinaan Forum Kota Sehat Tahun 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., didampingi Ketua Forum Kota Sukabumi Sehat, Drs. H. Sulaeman Muchtar, S.H., M.M., secara resmi membuka pembinaan Forum Komunikasi Kecamatan dan Kelurahan Sehat, serta Pokja (Kelompok Kerja) Kelurahan Sehat Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya hari Rabu, 25 Januari 2017, di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi beserta instansi dan lembaga terkait lainnya di Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal membangun masyarakat Kota Sukabumi yang sehat. Untuk mencapai sekaligus mewujudkan hal tersebut, telah dilaksanakan penandatanganan komitmen Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), tepatnya pada puncak acara peringatan HKN (Hari Kesehatan Nasional) Tahun 2016 Tingkat Kota Sukabumi, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi. Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Germas ini, diantaranya untuk menjaga sekaligus meningkatkan perilaku hidup sehat masyarakat, terciptanya lingkungan yang bersih, dan produktivitas masyarakat dalam berbagai bidang. Untuk itu, program Germas ini harus senantiasa dilaksanakan oleh segenap lapisan masyarakat, sekaligus dapat berkontribusi dalam mencapai dan mewujudkan program tersebut.

Adapun prestasi yang baru-baru ini berhasil diraih Kota Sukabumi, yakni Penghargaan Kota Sehat Tahun 2016, untuk kategori Swasti Saba Wistara, dari Gubernur Jawa Barat, dengan capaian Kota Sehat 5 sampai dengan 9 Tatanan, serta mendapat nilai tertinggi dari 20 Kabupaten dan Kota se Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, didampingi Ketua Forum Kota Sukabumi Sehat, menyerahkan uang pembinaan dari Forum Kota Sehat Kota Sukabumi, kepada kelompok lokasi khusus penyelenggara Kota Sukabumi Sehat Berbasis Masyarakat, diantaranya kepada Ketua FCU (Family Care Unit) Kelurahan Karangtengah Bidang Tatanan Kehidupan Sosial Sehat, Drs. H. Didi Kusnadi, M.M., Keluarga Pioner FCU Kelurahan Karangtengah, Cacih, Ketua Lumbung Pangan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Karangtengah Bidang Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi, Saptaji, S.Pd., Ketua Panti Asuhan Muslimin Kelurahan Gunungpuyuh Bidang Tatanan Kehidupan Sosial Sehat, Wawan Tauhid, serta Ketua Posyandu Cempaka Putih RW 10 Kelurahan Sriwidari Bidang Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Ai Sumarni.