PENYEBARAN HIV-AIDS TIDAK PANDANG BULU

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. sekaligus sebagai Ketua KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi menandaskan, penyebaran HIV-AIDS  tidak pandang bulu, bahkan usia remaja pun rawan tertular penyakit tersebut. Penandasan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat menjadi nara sumber pada Sosialisasi Pencegahan HIV-AIDS dan Ketahanan Keluarga di Lingkungan Majlis Talim, tepatnya tanggal 28 Januari 2018, di Majelis Talim RT 04 RW 01 Babakan Bandung, Kelurahan Subang Jaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Jalan Amubasasana Kota Sukabumi.

Adapun salah satu upaya untuk mencegah penyebaran HIV-AIDS khususnya di kalangan remaja, seluruh orang tua harus senantiasa berupaya optimal memperhatikan dan mengawasi sekaligus mendidik dan membina putera-puterinya dengan ajaran agama, termasuk pehamanan tentang bahaya HIV-AIDS, supaya tidak terjerumus terhadap perbuatan dan perilaku negatif, seperti kenakalan dan seks bebas di kalangan remaja. Karena untuk mencegah hal tersebut, bukan merupakan tugas dan tanggung jawab guru saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak, yakni guru, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan lembaga terkait serta orang tua masing-masing.

Sedangkan program ketahanan keluarga, merupakan salah satu solusi terhadap persoalan lingkungan yang kurang baik. Maksud dan tujuannya, untuk membangun warga masyarakat, supaya tidak melupakan perannya dalam membangun lingkungan. Adapun yang paling utama dalam program tersebut, yakni mengawasi perkembangan anak supaya mendapat perhatian yang positif, bukan hanya dari orang tua dan keluarga saja, tapi juga dari lingkungan sekitarnya. Dikatakannya, hal tersebut akan dimaksimalkan melalui program pengasuhan anak berbasis masyarakat, untuk lebih menguatkan hierarki sosial yang ada dalam masyarakat, supaya mampu mendeteksi anak sejak dini, terutama pada saat keluar dari lingkungan keluarga.

Usai menyampaikan materi pada Sosialisasi Pencegahan HIV-AIDS dan Ketahanan Keluarga di Lingkungan Majlis Talim, Wakil Walikota Sukabumi berkunjung ke Posyandu RT 04 RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subang Jaya. Disela-sela kunjungannya, Wakil Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Posyandu RT 04 RW 01 Babakan Bandung Kelurahan Subang Jaya, atas adanya program mingguan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yang melibatkan para remaja di sekitar Posyandu tersebut.